A Good Day to Have an Affair


Film lepas yang satu ini memang agak beda dari teman-teman sejenisnya. Meskipun berlabel drama-komedi tapi menurut saya film ini masih kurang ‘greget’ baik dari sisi dramanya maupun sisi komedinya. Tidak saya pungkiri beberapa adegan dalam film ini memang sempat membuat saya tersenyum bahkan tertawa kecil. Tapi ekspresi saya itu muncul lebih dikarenakan melihat ulah para tokoh pemainnya (kemudian mengkomparasi actingnya di film lain) daripada karena adegan film itu sendiri.

Sebagai suatu suguhan drama film ini menyajikan permasalahan dua orang istri yang terjebak akan kebosanan kehidupan rumahtagganya. Seorang istri dari pria pengusaha kaya dan seorang istri polisi yang penggila kerja serta berhati dingin. Kedua wanita ini awalnya tidak saling mengenal namun sama-sama terlibat dengan pria selingkuhan mereka yang dikenal lewat internet chat room. Kedua pria selingkuhan tadi masing-masingnya adalah seorang eksekutif muda dan seorang mahasiswa baru di salah satu universitas di Seoul.

Berbeda dengan si istri pengusaha yang memang ‘siap tempur’ dalam ajang perselingkuhan yg diciptakan dan dikondisikannya dengan mahasiswa tadi, si istri polisi pada mulanya mengalami konflik bathiniah yang menimbulkan pertentangan dalam hatinya. Sehingga meskipun berstatus selingkuh namun hubungan intim antara dia dan sang eksekutif baru benar-benar terjadi pada beberapa pertemuan berikutnya.


Tante-tante yang ‘hobi’ selingkuh



Culunnya sang ‘korban’ selingkuhan

Sementara itu untuk sisi komedi yang diselipkan pada film ini memang muncul pada adegan-adegan perselingkuhan dua wanita tadi. Baik ketika mereka di hotel, motel, atau di dalam mobil. Cara mereka berhubungan intim juga agak aneh dan janggal. Seperti ‘berbuat’ dengan underwear masih lengkap terpasang atas-bawah, ataupun ‘berbuat’ di jok depan mobil yang sepertinya kurang leluasa. Tapi saya dapat mengerti mengingat ini film korea yang akan tetap mempertahankan norma kesopanan dan budayanya meskipun tadinya mungkin ingin menjadikan film ini ikut masuk dalam kategori ‘semi’🙂 Adegan bercumbu yang tampaknya memang serius dipertontonkan paling sempurna, menurut saya, hanya adegan ciuman di mobil itu, selebihnya banyak simbolis dan pemancing fantasi penontonnya saja.

Satu point bagus di film ini adalah penokohan 3 orang pemainnya yang cukup pantas dan lihai. Kim Hye Su, si istri pengusaha sangat menguasai perannya sebagai wanita binal di sini. Cara dia memperlakukan dan membalas cumbuan-cumbuan si mahasiswa nyaris sempurna. Sementara itu Yoon Jin Seo, si istri polisi, berhasil tampil innocent dan feminin selayaknya seorang wanita baik-baik. Perubahan karakternya di pertengahan cerita juga dapat memberikan gamaran yang cukup jelas akan pertentangan bathinnya tadi serta perubahan sikap yang diambilnya. Dari selingkuh itu dosa sampai ke selingkuh adalah cinta.

Lee Min Ki, si mahasiswa, is an interesting role. Culun banget, lugu, polos namun haus petualangan. Dari potongan rambutnya di film ini, pakaian-pakaian yang dikenakan sampai ke ekspresi wajahnya yang beda banget dengan Kang Tae Bong di Dalja’s Spring. Si mahasiswa simpanan tante-tante di sini sempat bikin nilai Min Ki anjlok satu tingkat di mata saya tapi waktu saya sadar kalau hal itu hanya dampak langsung acting ‘murahan’ dia, saya jadi angguk-angguk geleng-geleng dan menaikkan kembali pointnya. Anggukan untuk acrting bagusnya (meski saya ga suka perannya ini), geleng-geleng untuk keheranan saya akan motif Min Ki ikut andil di film ini. Apakah Min Ki memang haus akan petualangan serupa? Atau sekedar ingin pengakuan atas uji maturitasnya di film ini? Nobody can tells, right?.

Sutradara: Jang Moon Il
Pemain: Kim Hye Su, Yoon Jin Seo, Lee Min Ki
Release Date: 8 Februari 2007
Credit: hancinema.net

2 thoughts on “A Good Day to Have an Affair

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s