Oh Dal Ja's Spring




Adalah Oh Dal Ja, seorang wanita karir mandiri yang sudah berusia 33 tahun namun masih ‘hijau’ dalam hal kehidupan asmara. Sehari-harinya Dal Ja bekerja di perusahaan home shopping dan menangani managerial periklanan dan pertelevisian perusahaan itu. Sebagai seorang manager Dal Da memang jempolan. Meskipun sifatnya yang ceroboh dan tergesa-gesa dalam melakukan sesuatu namun sisi-sisi positif lainnya membuat Dal Ja disukai oleh rekan-rekan kerjanya. Dal Ja bisa mengingat kesukaan masing-masing rekan kerjanya baik itu makanan atau minuman kesukaan mereka dan juga kebiasaan mereka. Dal Ja pada dasarnya wanita lajang mandiri yang memiliki hampir segalanya kecuali kisah cinta romantis yang selalu diimpi2kannya.

Adalah Kim Tae Bong, seorang pengacara muda berbakat yang berhenti jadi pengacara karena kejadian buruk di masa lalunya. Tae Bong kemudian menjalani profesi sebagai ‘kekasih bayaran’ meskipun sejatinya pria ganteng ini berasal dari keluarga kaya dan terpandang.

Dal Ja dan Tae Bong bertemu tidak sengaja pada suatu malam. Namun karena Dal Ja membutuhkan jasa Tae Bong untuk membalaskan dendam dan sakit hatinya, dibuatlah perjanjian antara dua orang ini. Tae Bong sendiri berusaha bekerja seprofesional mungkin, dengan membuat aturan-aturan yang ketat antara dia dan sang klien, misalnya apabila salah satu di antara mereka mulai memiliki ketertarikan khusus maka perjanjian batal tanpa uang kembali, atau adanya tarif-tarif tambahan untuk hal-hal tertentu seperti extra 20 dollar untuk adegan bermesraan, berpelukan atau bahkan berciuman.

Dal Ja sendiri pada mulanya memang memanfaatkan Tae Bong untuk membalaskan dendamnya pada rekan kerja yang telah menipu perasaannya, Shin See Do. Dal Ja juga sengaja mengenalkan Tae Bong sebagai ‘pacar’ ke rekan-rekan kerjanya yang lain karena sering diolok-olok ‘perawan tua tanpa status’ oleh mereka. Seiring berjalannya waktu, sosok Tae Bong yang menawan diam-diam telah memikat hati Dal Ja, namun rentang usia yang jauh di antara mereka serta status ‘kekasih bayaran’ menjadikan Dal Ja sendirinya merasa gengsi dan menolak kehadiran Tae Bong dalam hatinya. Sementara Tae Bong juga tidak pernah mengira akan jatuh hati pada Dal Ja.

Munculnya tokoh lain, Eom Ki Jeong, seorang pengusaha sukses yang merupakan sosok kekasih ideal untuk Dal Ja, membubuhkan intrik cinta segitiga dalam drama ini. Seperti tipikal drama serial Korea pada umumnya, tiga tokoh ini pun akan saling tarik menarik dalam dunia percintaan mereka. Dal Ja yang mengira Eom Ki Jeong adalah pria yang paling tepat untuk mendampinginya sempat berkencan dengan pria mapan ini. Namun interferensi dari mantan istri Ki Jeong dan harapan Dal Ja akan romantisme percintaan yang tidak terpenuhi pada Ki Jeong yang kaku, akhirnya membuat Dal Ja berpaling.


Fun fearless female, Dal Ja!



Tae Bong



“The other side story”


Selain intrik cinta segitiga antara Dal Ja – Tae Bong – Eom Ki Jeong (plus mantan istrinya), di dalam drama ini juga diceritakan tentang rekan-rekan kerja Dal Ja, teman dekatnya, kehidupan masa lalu (dan masa kini) orang tuanya, tentang boss nya, dan beberapa tambahan scene ‘ga penting’ lain yang menjadikan 22 episode drama serial ini agak membosankan (saya menyebut scene-scene itu sebagai ‘side story’). Terutama pada bagian Shin See Do dan Wee Seon Joo yang bikin saya cukup desperate untuk menekan tombol forward.

Ending yang kurang manis melengkapi kekecewaan saya terhadap drama ini. Mestinya untuk kerumitan hubungan Dal Ja dan Tae Bong selama 22 episode itu dapatlah dibuat adegan penutup yang lebih dramatis dan menyentuh. Terlebih diceritakan di episode akhir itu, Dal Ja yang berangkat ke luar negeri untuk melanjutkan pendidikannya dengan Tae Bong yang masih tetap setia menunggu meskipun hampir setiap minggu ibunya Tae Bong selalu menjodohkan anaknya ini dengan anak gadis kenalan-kenalannya. Untuk penantian sekian tahun dan kerinduan yang dalam rasanya belum cukup hanya dengan adegan di rumah makan itu saja. Padahal, tanpa mempertimbangkan embel-embel ‘side story’ dalam cerita ini, ide ceritanya sudah bagus dan eksplorasinya pun sudah optimal. Acting Chae Rim pun cemerlang dan berhasil mengimbangi acting Lee Min Ki yang terkadang terkesan kaku dan agak jaim.

Karena itu, jumlah episode yang ditawarkan mungkin agak meragukan dan mematahkan semangat anda (terancam bosan untuk yang kurang sabar akan plot alot), namun acting Chae Rim yang memukau, ide-ide cerita wanita lajang bekerja yang dekat dengan kehidupan sehari-hari kebanyakan kita, intrik cinta beda usia, serta wajah segar Lee Min Ki yang akan membuat mata nyaman memandang layar berlama-lama sepertinya dapat menjadi pertimbangan tersendiri untuk menonton drama serial yang satu ini.

Sutradara: Lee Jae Sang
Pemain: Chae Rim (Oh Dal Ja), Lee Min Ki (Kim Tae Bong), Lee Hyun Woo (Eom Ki Jeong), Gong Hyung Jin (Shin See Do), Lee Hye Young (Wee Seon Joo)
Release: 3 Januari 2007
Credit: hancinema.net

16 thoughts on “Oh Dal Ja's Spring

  1. serial ini mang rada ngebosenin,,trus mirip ma dorama jepang anego..tapi anego jauh lbh bagus dan penuh makna…kalo yg suka romantis2an gak co2k ma nich serial…terlalu panjang

  2. saya belum nonton anego tp saya suka dal ja spring, karena agak keluar dari tipikal seri korea, yaitu cinta segi empat…lucu, haru, menyentuh, sweet pokoknya. apalagi lagu2nya keren…buat yg mau download ostnya

    http//astrologistflash.exteen.com/20070201/spring-of-dalja-ost

  3. gw nonton film ini scara ga sengaja, pertama cuma iseng2 aj krn adik gw punya dvd ny. tp stlh ditonton lumayan nyentuh juga.
    gw plg suka liat dal ja kl lg senyum tersipu malu, lucu bgt tuh org.
    cuma gw agak kecewa sm ending film nya yg agak gantung n krg memuaskan. but, i like this movie

  4. iya tuh, di endingnya gw mengharapakan ada pernikahan eh malah gantung gak jelas….udah nunggu sepanjang 22 ep tuh. Tapi tetep aja drama ini oke kok menurut gw. *Lee min ki muanieeezzzz bgt,,mmuah*

  5. oh dal ja ntu kereeeen bgt!seru,lucu,plus pmeran kang tae bong di situ cool abis!gw aj mpe ntn 2x bwt ntn kang tae bong..tp syg ending ny krg nyentuh di hati..ga pa2 lah,,yg pnting kang tae bong ny ganteng!hehe..

  6. gua jg suka kalo liat dal ja pas senyum. karakter nya jg kuat, menyenangkan, setia kawan. Ceritanya menyentuh, kasih inspirasi utk trus semangat, slalu optimis dalam hidup, bahwasanya setiap org tuh punya konflik, justru dg sebuah konflik dan permasalahan makin mendewasakan diri, *cieee gw serius bgt ya*. Kalo soal asmara dan cinta-nya sih menurutku malah jadi effek ke 2 ^_^.
    Tapi gw sepakat jg ttg ending nya kurang touchy …
    Ya setidaknya end-nya mengikutsertakan org2/tmn2/kluarga yg selama ini ikut meramaikan kehidupan Dal Ja

  7. memang sangat menarik!tapi agak membosankan soalnya episode and alurnya kepanjangan tapi wajah tae bong yang cakep bikin gak bosen2….
    bwat yg punya rekomendasi film korea yg rame kirim ke emailku ya,,,

  8. drama ini lumayan bagus kok…
    apalagi lagu2ny oke2..
    dan kang tae bong(lee min ki) kerennnnzzz.

    tapi aku belum bisa download soundtrack lagu ini …da yang tau websitenya??

  9. Drama ini aku suka banget, banyak adegan lucu yang bikin ketawa ngakak dan ada juga adegan romantis yang bikin ersipu waktu ngeliatnya.

    Kalo ada orang yang bilang kalo cerita ini mirip anego, jelas aku sama sekali tidak setuju. Menurutku sama sekali jauh berbeda. Kalo di anego cewek yang udah matang en mandiri dan hubungannya dengan pria muda yang baru memulai karirnya.
    sedangkan di Dalja sang pria sebenarnya sudah menjadi pria yang sukses di karirnya tetapi berhenti karena satu dan lainnya. Satu-satunya kesamaan di cerita ini adalah sang pria jauh lebih muda daripada wanita nya. At leat that what I think.

  10. dal ja ya…
    emmm,,, bnrnya critanya bgs,,, romantis,, dan cukup realistis jg meski ada beberapa kebetulan2 yg bnrnya jarang trjadi d khdupan nyata.. dan juga membuatku selalu penasran dgn episode2 slnjutnya (mpe begadang nonton nie philm)… tp bbrpa critany ad yg bs ketebak jg c..
    tp BT nya,, dvd gw kgak bs d puter pas episode2 trakhir (jd blm nontn episode trakhirnya)… but,,kt tmn2 smw endingny krg bgs y,,,
    huft jd penaaran jg

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s