The Longest Night in Shanghai




Sudah cukup lama juga saya tidak mencicipi hidangan film Mandarin. Terutama dengan genre komedi romantis seperti ini. Padahal dulunya saya sempat ketagihan dengan film-film Mandarin setelah menyaksikan acting piawai Andi Lau dan Sammy Cheng yang kerap dipasangkan dalam satu layar (misalnya Love on Diet, Needing You) sampai kemudian saya sering hunting film-film dua orang ini terutama filmnya Sammy Cheng yang jarang mengecewakan. Kali ini saya bertemu Vicky Zhao yang tandem bareng actor Jepang Motoki Masahiro dalam “The Longest Night in Shanghai”. Bercerita tentang seorang supir taksi yang patah hati dan seorang make up artist terkenal dari Jepang yang bertemu pada suatu malam di Shanghai. Dua orang ini sama-sama sedang mengalami masalah percintaan dalam hidupnya. Sang supir taksi cantik, Lin Xi tidak sengaja menabrak Mizushima Naoki si make up artist yang tersesat di jalanan kota Shanghai setelah sukses dengan pementasan fashion show nya. Sebagai ganti rugi, Lin Xi menawarkan tour keliling Shanghai pada Mizushima. Mizushima yang memang tidak punya tujuan, lupa nama hotel apalagi alamat hotel tempatnya menginap akhirnya menjadi penumpang tetap Lin Xi selama semalam itu. Acara tour mereka pun akhirnya lebih dari sekedar tour biasa dan menjadi awal pertemanan kedua orang yang berbeda bangsa dan bahasa ini.Tidak ada yang spesial dari film ini.

Secara film dengan tema yang sama sudah pernah ada dan penyisipan adegan-adegan lucu yang disebabkan oleh perbedaan bahasa serta kesalahpahaman yang terjadi karenanya juga bukan suatu hal yang baru. Meskipun acting Vicky Zhao maupun sang tandem dari Jepang tidak mengecewakan, tapi jalan cerita yang aneh, ending yang gantung, serta beberapa kejanggalan yang tidak manusiawi menjadikan film ini semakin terpuruk.Secara film ini sama sekali tidak menghusung embel-embel fantasi ataupun fiksi, ketika Mizushima tertabrak Lin Xi yang menyebabkannya sampai terpelanting ke udara, terhempas ke atas cap mobil bahkan pingsan, namun ketika beberapa menit kemudian Mizushima sadar dengan tidak satupun memar apalagi luka robek yang dideritanya membuat saya bingung dan sempat mempertanyakan kembali bagaimana dan tentang apa film ini sebenarnya. Kejanggalan lain adalah ketika Lin Xi tiba-tiba mendapatkan kabar bahwa pria idamannya akan menikah yang membuat wanita ini tampak sangat kecewa sehingga sampai menyuruh Mizushima turun dari taksi dan meminta ongkos taksi nya. Padahal sedari awal Lin Xi sendiri yang menawarkan tour gratis pada tamu Jepangnya itu. Ini menjadikan jalan ceritanyapun saya pertanyakan kembali dari awal. Ending yang tiba-tiba berubah menjadi ajang ‘mempercantik’ Lin Xi juga memperparah keanehan film ini. Karena itu meskipun anda penggemar Vicky Zhao atau Motoki Masahiro, namun jika anda tidak cukup sabar untuk menyaksikan film yang aneh, sebaiknya singkirkan saja film ini dari ‘must seen movie list’ anda.

Sutradara: Zhang Yibai
Pemain: Vicki Zhao (Lin Xi), Motoki Masahiro (Mizushima Naoki)
Release date: 4 Juli 2007

10 thoughts on “The Longest Night in Shanghai

  1. waduh saya kurang stuju sama post kamu nih hehe
    soale nih film menurut aku bagus
    romantis
    meski emang sedikt aneh
    namanya juga komedi gitu
    film ini asik
    apalagi didukung soundtrak yg enak bagnet di telinga

  2. waduh mbak… untuk yg satu ne kyaknya ga stuju deh…
    menurutQu film ne bagus koq…
    romantiss…dan keren jalan ceritanya…
    berhubung bru bberapa hari yg lalu daku menontonnya

  3. Tatz : sorry.. sorry banget sista i just want to help andi nggak lebih koq ok dech lain kali aq confirm ke km dulu ya, please jangan marah yach, tatz kan baek (ngerayu.com)hehe🙂

  4. aq penggemar vicki zhao….tp emang pilmnya kurang greget….aq mlh suka kungfunya di so close….itu br menarik…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s