Arch Angel (Warau Mikaeru)


Film dan dorama yang diadaptasi langsung dari manga sudah sangat banyak diproduksi dan beredar di pasar. Salah satunya film yang dilakoni Ueno Juri “sang Nodame” ini, yang diambil dari manga karangan Izumi Kawahara dengan judul yang sama.

Film ini bercerita tentang Shoijo Fumio, seorang gadis yatim piatu yang baru pindah ke sekolah khusus putri Saint Michael. Di sekolah barunya Fumio disambut dengan baik dan Fumio mendapatkan teman-teman baru yang ramah. Suatu hari Fumio yang masih bersedih akan kematian ibunya sengaja tidak masuk ke dalam kelas. Teman-temannya yang khawatirpun lantas menyusul Fumio. Diutuslah Kazune sang ketua kelas dan Yuzuko yang sering dipanggil sebagai “lady oscar” di sekolah.

Kazune dan Yuzuko mendapati Fumio di pinggir hutan dekat sekolah sedang membuat mie ramen rasa ayam. Karena tampak sedap dan menggiurkan ketiga gadis inipun akhirnya menikmati mie ramen rasa ayam itu bersama-sama. Namun ajaib! Tiba-tiba asap menggumpal membumbung ke angkasa dan ketiga gadis ini seperti dijatuhi berkah dari surga, masing-masingnya jadi memiliki kekuatan super selaiknya X-man atau manusia mutant versi Hollywood. Fumio dapat mengangkat benda seberat apapun, Kazune dapat bergerak dengan hitungan milisecond, sementara Yazuko memiliki kekuatan listrik ibarat petir yang menyambar-nyambar. Sungguh ajaib!

Ketiga gadis ini pun kemudian berubah menjadi superhero yang menyelamatkan teman-temannya dari gembong penculikan yang diprakarsai oleh suster sekolah mereka. Terjadilah adegan pertarungan hebat antara ketiga superhero ini dengan para bandit. Siapa yang menang dan siapa yang kalah, tentunya sudah dapat ditebak di akhir cerita.

Tadinya saya tertarik pada film ini karena melihat nama Ueno Juri yang ikut berperan di dalamnya. Rasa penasaran saya akan kemampuan acting Juri setelah melihatnya di “Nodame Cantabille”, “Chrismast on 24th July Avenue”, dan “Jadan Nai” memancing saya untuk langsung melihat penampilan Juri di sini. Namun ternyata kepiawaian acting Juri yang ingin saya lihat di sini tidak kesampaian. Mungkin karena ceritanya yang memang datar, minim konflik, dan tidak melibatkan emosi Juri selaiknya di dorama dan filmnya yang lain. Satu-satunya hal lain dari seorang Juri yang bisa saya lihat di sini adalah adegan laganya yang kaku dan tampak kurang latihan.

Secara ide cerita sendiri tidak ada yang spesial. Adegan-adegan komikal plus komedi-komedi yang lucu-lucu-nanggung banyak sekali di sini. Belum lagi kombinasi animasinya yang kurang smooth yang semakin bikin mata jengah serta kepala sayapun ikut bergeleng-geleng sambil bergumam “Gue nonton apa sih ini?”. Damian, si tokoh anjing yang juga makhluk animasi ini seperti diciptakan asal-asalan (no offence to the anime creator) karena gambarnya kaku sekali, dengan warna yang hitam polos dan seketika mata saya seperti dihadapkan pada salah satu tokoh game emulator pada windows 1995 jaman kapan-kapan dulu. Imaji pulau tempat tinggal Fumio, kastilnya, danaunya, pun sekolahnya tampak jelas palsunya, jelek banget deh animasinya (once again, no offence to the anime creator). Hal ini sebenarnya bikin saya bertanya balik, apa maksud animasi si damian dan gambar-gambar lain dibuat seperti itu? Apakah untuk menegaskan kalau film ini adalah komedi-fantasi binti fiksi semata? atau apakah untuk membuat batas tersendiri kalau film ini dapat dikonsumsi oleh umum (umum dalam artian siapa saja dari anak TK sampai eksekutif muda) atau memang pereka animasinya yang masih amatir? Secara ini Jepang, dan film ini pun kalau tidak salah diikutkan pada salah satu festival, saya kira pihak produksinya akan menggunakan anime creator yang lebih profesional dengan hasil yang tentunya lebih smooth dan enak dilihat kan?

Well well.. saya tidak punya nilai lebih untuk film satu ini. Saya tidak merekomendasikannya sama sekali, kecuali kalau anda benar-benar fans fanatiknya Ueno Juri.

Sutradara: Issei Oda
Pemain: Ueno Juri (Fumio), Megumi Seki (Kazune), Airi Taira (Yuzuko), Yusuke Iseya (Kazuomi).
Release: 2006

One thought on “Arch Angel (Warau Mikaeru)

  1. waaahhh.. ueno yurii.
    pas di nodame cantabile,.. kamu gadis pujaan kuu ^_^!!
    tapi di film ini, kamu memerankan fumio.. dan menjadi aneehh…
    hehehe..
    keep move towards, NODA megumi alias UENO!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s