My Tutor Friend Lesson II


“Legit banget!”

Masih ingat tidak film “My Tutor Friend” yang dibintangi oleh Kwon Sang Woo dan Kim Ha Neul pada tahun 2003 lalu? Film komedi dengan selingan-selingan romantis dan aksi laga Sang Woo itu sampai sekarang masih berkesan di benak saya. Sehingga ketika saya menemukan thread “My Tutor Friend Lesson II” di salah satu forum diskusi sinema korea, saya menjadi sangat antusias dan menunggu-nunggu film ini beredar di pasar Indonesia.

Keinginan saya pun akhirnya tercapai. Beberapa hari yang lalu saya menemukan “My Tutor Friend Lesson II” ini dan tadi malam langsung mengulitinya. Legit banget! Kesan yang saya tangkap. Meskipun ada beberapa celah yang menjadi kelemahan film ini tapi keseluruhan kemasan paketnya cukup memuaskan. Gak kalah deh dari pendahulunya “My Tutor Friend” itu.

Adalah Kitano Junko, seorang putri pemilik restauran berdarah campuran Jepang-Korea yang demi mengejar cowok yang ditaksirnya mengikuti pertukaran pelajar ke Universitas Ansei di Korea. Woong So, sang cowok idaman sebelumnya tak tahu menahu soal perasaan Junko padanya.

Adalah Hae Jong Man, seorang putra pemilik rumah pemondokan yang sangat menyukai olah raga tinju. Jong Man ini anak yang sangat patuh pada orang tuanya. Selain menjadi mahasiswa kedokteran di Universitas Ansei, Jong Man juga bekerja paruh waktu sebagai supir taksi demi mengumpulkan uang untuk membantu perawatan Lee Wok, lawan tandingnya yang menjadi sakit-sakitan ketika kalah bertanding dengan Jong Man..

Junko dan Jong Man menjadi murid dan guru karena perjanjian yang dibuat ayah Jong Man dengan Junko. Awalnya Junko tidak menyukai kamar-kamar yang ditawarkan padanya di rumah pemondokan tersebut sampai ayah Jong Man memperlihatkan sebuah kamar yang cukup besar, lengkap dengan perabotan dan sebuah komputer. Ayah Jong Man pun menjanjikan seorang guru les bahasa Korea kalau Junko jadi menyewa kamar itu dengan membayar lunas uang sewa. Junko pun menyetujui perjanjian tersebut. Namun ternyata kamar yang disewakan padanya adalah kamar Jong Man dan guru les bahasa Korea yang ditunjuk itu juga Jong Man sendiri. Terang saja Jong Man seperti kebakaran jenggot dua kali. Semakin sebal lah Jong Man pada gadis ini.


Perang mulut



Murid dan guru



Perang terus!

Alamat mengajarkan Junko bahasa Korea dan tata krama yang baku, Jong Man malah mengajarkan bahasa-bahasa pergaulan, istilah-istilah slank, yang ujung-ujungnya sering mempermalukan Junko di depan dosen dan teman-teman kuliahnya. Perang dunia pun kerap mengisi hari-hari Junko dan Jong Man. Sementara itu dua orang teman dekat Jong Man sama-sama naksir Junko dan mencoba menarik perhatiannya.

Sampai suatu hari secara tak sengaja Junko bertemu Woong So sang cowok idamannya. Sangat senanglah hati Junko pada waktu itu. Namun ternyata Woong So sudah berubah dan pahitnya Woong So ini seperti seorang cassanova yang akrab dengan wanita-wanita cantik di kampus.

Sementara itu Jong Man sendiri sedang dalam dilema karena mulai menyadari kalau dirinya menyukai Junko. Jong Man merasa serba salah dan tidak bisa menyembunyikan kekesalannya ketika tahu Junko menemukan Woong So. Bagaimana akhirnya kisah cinta segitiga Junko, Jong Man dan Wong So? Sangat menarik lho untuk diikuti!

Secara nama-nama yang dipasangkan di sini adalah anak-anak muda yang sangat menyegarkan mata, saya tidak berharap terlalu tinggi pada kemampuan mereka membawakan karakter masing-masing. Terlebih untuk film lucu-lucuan seperti ini, dari jalan cerita yang sederhana sampai tipikal adegan-adegan standar yang akan muncul juga tentunya tidak akan menyulitkan mereka. Namun ternyata anak-anak muda ini lebih total dari yang saya duga. Konflik-konflik sederhana yang muncul dalam film ini dapat diekspresikan sedemikian rupa dengan ekspresi yang sempat memancing emosi saya. Believe it or not, chemistry Cheong Ah dan Park Ki Woong pun not bad at all lho!

Untuk Lee Cheong Ah yang memerankan Junko dengan sangat baik, kemampuan bilingualnya membuat saya terkesan. Entah memang aktris chubby ini memang bisa berbahasa Jepang sebelumnya ataupun baru mempelajarinya karena memerankan tokoh ini, baik aksen, irama dan pengucapannya enak saja didengar. Beda banget dengan pemeran Azumi yang muncul di akhir cerita, ketahuan banget kalau dia aseli orang Korea yang sama sekali gak pernah berbahasa Jepang. Untuk mengucapkan “baka ya ro!” sajapun lidahnya seperti keseleo.

Untuk Park Ki Woong, ya ya ya.. saya (anda juga kan?) memang sudah menanti-nantikan film ini selain ceritanya yang bagus juga pasti karena Ki Woong menjadi lead actornya. Ki Woong yang mirip Nino Arashi (tapi lebih cakep sih, menurut saya) sama sekali gak mengecewakan saya di sini. Memang adalah satu-dua actingnya yang agak gak nyambung chemistrynya dengan Chong Ah, atau senyumnya Ki Woong yang agak over, atau juga kurang dalam penjiwaannya ketika dihadapkan pada pertandingan tinju itu, tapi lagi-lagi seperti sudah saya sebut di atas, sedari mula saya tidak berharap terlalu tinggi untuk anak-anak muda ini.

Secara jalan cerita dan rangkaian plotnya, film ini sendiri sudah cukup gamblang dan bisa menjaga ritme kepatuhan penonton untuk terus menatap pada layar. Adegan-adegan komedinya juga kocak dan sangat menghibur. Kehadiran dua teman dekatnya Junko yang konyol dan seorang bule bernama George juga memberikan sentuhan komedi yang segar di tengah-tengah cerita. Komplit deh, “My Tutor Friend Lesson II” legit banget!

Sutradara: Ji Kil Woong
Pemain: Lee Cheong Ah (Kitano Junko), Park Ki Woong (Hae Jong Man)
Release: April 2007

22 thoughts on “My Tutor Friend Lesson II

  1. mau donx refensi soundtrack nya…..
    judul sama penyanyinya
    klo bisa sekalian liriknya yah…
    thx

    aku dah liat film nya
    ha25x
    lucu bgt….

  2. gw suka bngt sma park ki woong..smenjak liat aktingya di mt tutor friend2 ini..
    tapi ada 2 film nya lgi yg lagi aku cari2..
    kira2 beli dvd film asia (korea) dmna ya?
    ada yg punya referensi..
    makasiii…

  3. hehe gw juga ikutan setuju
    Park Ki-woong cakep bangeeeet
    Film2nya Park Ki-woong : someone behind you ( 2007 ) & art fighting (2005)tapi gw belum nemu dvdnya hiks…

  4. art of fightingnya jae Hee?
    keknya emang dah jarang DVDnya
    tapi gue ada tuh..^^
    someone behind you nampak akan gue
    unduh ajah…hehehe

    btw aliya, kalo mau di tambahin soal
    profil elo, bilang yaa..

  5. Bagus dan lucu banget nih film, Pemain-pemainnya seger (Buah kali :p). Karakternya Kitano Junko tuh imut dan lucu. Terus ada Hae Jong Man yang ganteng dan cuek. Sudah nonton 2 kali, pengen nonton lagi, lucu sih.

  6. ia,,nih
    aq juga cari2 soundtracknya gak dapat,,
    klo ada,share duks,,
    pa lagi song waktu mereka akan berpisah,,,aq senang banget dengarnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s