Girl, Thirteen


Lee Soo Ah adalah anak yatim yang pendiam dan penyendiri. Soo Ah nyaris tidak memiliki teman di sekolah sementara di rumah ibunya yang janda juga terlalu sibuk bekerja. Soo Ah yang merasa diterlantarkan mencari kedamaian lewat sosok artis pujaannya, Yoon Sur Young. Soo Ah mengkoleksi semua album video Sur Young, mengumpulkan tiap artikel koran dan majalah bahkan sering berimajinasi dengan idolanya ini. Soo Ah menganggap hanya Sur Young yang dapat mengerti dirinya terlebih dari catatan harian mendiang ayahnya, Soo Ah mengetahui kalau ibu kandungnya ternyata bernama Sur Young! Hal ini menumbuhkan keinginan di hatinya untuk bertemu Sur Young suatu hari nanti.

Ketika masuk sekolah menengah pertama, Soo Ah mulai mendapatkan teman. Dari ketua kelas yang cantik dan baik hati sampai anak jalanan yang akhirnya menyeret Soo Ah kepada kenakalan-kenakalan kecil para remaja. Soo Ah bersama temannya ini tidak masuk sekolah dan malah pergi ke karokean untuk menemani om-om girang yang menyebabkan mereka berdua berakhir di kantor polisi.

Soo Ah dimarahi ibunya habis-habisan. Hal ini semakin membulatkan tekatnya untuk kabur dari rumah dan menemukan Yoon Sur Young ibu kandungnya itu di Seoul.

Film ini punya pesan yang positif untuk para remaja yang sedang dalam pencarian eksistensi dirinya. Gambaran-gambaran usia yang dilewati pada masa pancaroba tersebut dapat dilihat pada sosok Lee Soo Ah. Ego sentris, keingintahuan yang besar, trial and error dan pembangkangan terhadap sosok yang dianggap mendominasi kehidupan Soo Ah, seorang anak yang baru menginjak usia remaja, jelas terbaca di sini. Bagaimana Soo Ah kemudian menemukan pelajaran hidup melalui perjalanannya dapat kita lihat di sini. Meski memang secara fisik film ini 100% drama, datar, plong seperti jalan tol, tak ada salahnya juga untuk orang tua yang memiliki masalah serupa untuk bercermin dari film ini.

Pemain: Lee Se Yeong (Lee Soo Ah), Choo Sang Mi (Yeong Ju), Yoon Sur Young (Kim Yoon Ah)
Release date: 27 Juli 2007

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s