Attention Please


Cinta dapat menjadi motivasi terbesar yang membawa perubahan dalam hidup seseorang. Seperti yang dialami oleh Misaki Yoko, seorang cewek tomboy mantan vokalis group band aliran rock yang berubah menjadi pramugari karena cowok idamannya pernah berucap kalau dirinya suatu saat ingin melihat Yoko dengan seragam pramugari yang anggun itu.

Yokopun mendaftarkan dirinya ke pusat pelatihan pramugari Japan Airlines (JAL). Setelah melalui beberapa test penyaringan yang ‘mudah’ Yoko akhirnya diterima sebagai salah seorang dari 40 peserta pelatihan pramugari JAL. Yoko yang memang sangat percaya diri ini tidak mengacuhkan sentilan teman-temannya yang tidak menyukai gayanya yang cuek dan pecicilan. Meski demikian Yoko juga mendapatkan dua orang teman baru yang kelak sama-sama merasakan beratnya pelatihan pramugari JAL ini.

Meskipun bagi peserta yang lain, untuk diterima sebagai siswa pelatihan JAL adalah berkah dan keberuntungan yang luar biasa, bagi Yoko yang mulanya memang ‘iseng-iseng berhadiah’ pencapaiannya di JAL memang sekedar pembuktian diri terhadap sang cowok idaman. Sehingga Yoko memang tak pernah benar-benar serius dalam masa pelatihannya. Dengan kostum ala rockernya yang trendi, Yoko merupakan siswa yang selalu datang terlambat, sering ketiduran dalam kelas, dan mendapatkan nilai terburuk di setiap test. Yoko menjadi calon terkuat siswa yang bakal drop out versi teman-temannya yang jengah melihat kelakuan Yoko.

Mikami Tamaki, staf pengajar yang bertanggung jawab atas kelas Yoko benar-benar pusing tujuh keliling dibuatnya. Namun Mikami juga dapat melihat potensi terpendam yang dimiliki gadis ini. Mikami, dengan caranya sendiri mendidik Yoko dari nol sampai perlahan-lahan Yoko mengerti apa yang sebenarnya dia cari dalam pelatihan itu. Berulang kali gagal dan mendapatkan hukuman, Yoko yang tangguh mulai mencipta dirinya yang ‘baru’.

Dalam perjuangan Yoko di pusat pelatihan JAL, selain kisah persahabatannya yang mengharukan bersama Wakamura Yayoi si putri pemilik restauran dan Hirota Saori si putri mantan pilot, intrik-intrik cintanya dengan seorang teknisi bernama Nakahara Shota juga membuat dorama ini semakin hangat. Apalagi ketika Yoko mengetahui kalau salah seorang sahabatnya itu juga menaruh hati pada Shota, Yoko yang badung ini ternyata sangat faham makna sebuah persahabatan. Masalah-masalah kecil sampai besar yang dipicu Yoko, terutama ketika melibatkan seniornya Asou Kaoru sang Miss April ikut mengundang sisi kocak dan segarnya dorama ini.

Mengingat banyaknya dorama yang dibuat dengan ending ‘menggantung’, tadinya saya pikir “Attention Please” pun akan bernasib sama. Namun ternyata happy ending yang cukup memuaskan saya untuk keseluruhan episodenya. Meski tak bisa dipungkiri sisi romantisme percintaan Yoko-Shota terlalu dangkal dikemas di sini, tapi secara dorama ini memang bergenre komedi dan bertemakan profesi saya jadi bisa memakluminya. Kekuatan dorama ini, seperti dorama sejenisnya (misal Pride atau Bambino), adalah banyak sekali nilai dan pesan-pesan positif yang disalurkan melalui masing-masing karakter yang terlibat. Proses penemuan jati diri Yoko dan teman-temannya sebagai pramugari JAL, konflik bathin akan kegagalan berkarir yang dialami Shota, serta kesungguhan dan kerja keras mereka dalam mencapai tujuan masing-masing bisa diacungkan dua jempol! Gak bakal rugi deh nonton dorama ini.

Secara kepiawaian beracting, mulanya saya agak terganggu dengan acting Aya Ueto yang over react di awal cerita. Caranya menghidupkan tokoh Yoko yang urakan, pecicilan, sembrono sepertinya terlalu berlebihan, sehingga mood sayapun agak kacau dengan acting kepura-puraan ini. Namun di episode-episode berikutnya Aya Ueto sudah mulai menyatu dengan perannya sehingga sisi nyaman melihat penampilan tokoh inipun terpenuhi.

Banyak wajah jelita dengan tubuh ramping memenuhi dorama ini. Selain Aya Ueto sendiri, Fueki Yuko yang memerankan Miss April serta Takahashi Mariko yang memerankan si ‘wanita besi’ juga memberi kesan manis tersendiri. Tapi tetap, untuk saya Nishikido Ryo yang memerankan Shota sangat pas untuk mempercantik bingkai adegan-adegan yang ada. Empat bintang deh untuk dorama ini!

Sutradara: Sato Yuichi, Ueda
Pemain: Ueto Aya (Misaki Yoko), Nishikido Ryo (Nakahara Shota),
Maya Miki (Mikami Tamaki), Aibu Saki (Wakamura Yayoi), Uehara Misa (Hirota Saori), Koizumi Kotaro (Tsutsumi Shuusuke), Kohinata Fumiyo (Sakurada Shinya), Fueki Yuko (Asou Kaoru), Takahashi Mariko (Kagawa Reiko), Ishikawa Maki (Chief Nagano)

Release: 18 April 2006

2 thoughts on “Attention Please

  1. pilemnya kocak , udah gitu ntn nya jg egk berat…
    btw udah pada ntn yang attention please honolulu sama attention please sydney?…. kerennnn =)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s