Marrying The Mafia 3


“The Family Hustle”

Seperti subtitle yang melekat pada judul film ini “Marrying The Mafia 3 – The Family Hustle”, versi sekuel ‘murni’ dari pendahulunya “Marrying The Family 2 – Enemy in Law” sarat dengan nilai-nilai kekeluargaan dan persaudaraan antara ketiga putra Klan Harimau Putih daripada masalah pernikahan (marriage) si mafia itu sendiri.

Bercerita tentang keluarga Hong yang setelah mengundurkan diri dari dunia hitam, membuka perusahaan produsen Kimchi (makanan khas Korea) yang akibat resep istimewa Nyonya Hong serta ketekunan ketiga putra-putranya, cepat sekali berkembang dan menjadi terkenal di seantero kota Seoul. Meskipun kebanyakan pegawai yang bekerja di perusahaan Kimchi itu adalah mantan-mantan bandit dan para pelaku kejahatan yang telah insyaf, baik dari proses produksi sampai distribusi Kimchi, perusahaan yang dipimpin oleh Jang In Jae ini memang bersih dari praktik dan politik kotor yang dulu dilakoninya. Mereka benar-benar telah berubah menjadi warga negara yang baik.

Bong Myung Pil, musuh lama In Jae dan Jin Kyung yang mendekam di penjara karena kejahatannya di versi terdahulu, telah selesai menjalani hukuman dan dibebaskan dari kurungan jeruji besi. Bong yang sangat mendendam pada In Jae kemudian menjalin kerjasama dengan kelompok mafia baru untuk menjatuhkan Hong besaudara. Fitnahpun dilayangkan dan berhasil memukul jatuh perusahaan Kimchi Nyonya Hong. Mereka jatuh miskin seketika, bangkrut sebangkrut-bangkrutnya!

Perpecahan antara In Jae dan adik-adiknya pun kembali terjadi. Nyonya Hong yang merasa down karena fitnah itu dan melihat persiteruan putra-putranya juga tiba-tiba menghilang.

Bagaimana akhirnya nasib keluarga mantan gangster ini? Akankah mereka dapat kembali akur dan membangun kembali perusahaan Kimchi tersebut atau malah kembali membangun kerajaan lama mereka? Jawabannya tersaji di akhir film ini.

Terus terang saya kecewa dengan versi “Marrying The Mafia” yang paling bungsu ini. Seperti yang telah saya kemukakan di awal review, sedari judul saja film ini tidak setia pada tema ‘pernikahan’ gangster yang memang menjadi ide sentralnya. “Marrying The Mafia 3” pada kenyataannya justru tidak memiliki satu fokus pembahasan seputar ‘pernikahan’ dan justru berputar-putar pada adegan flashback masa lalu masing-masing keluarga Hong. Plotnya pun sudah pasti jadi acak-acakan, dan meski masih dapat dimengerti, membuat saya kehilangan mood terhadap film ini.

Film ini, seperti juga dua pendahulunya yang lain, tetap ‘keukeuh’ bergenre komedi romantis. Sayang proporsi romantisme nya tertelan oleh sisi komedi yang tak natural serta cenderung berkesan dipaksakan. Dari sekian banyak adegan-adegan lucu mungkin hanya sekali dua yang benar-benar bisa mengundang senyum dan tawa saya. Hambar sepanjang pemutarannya. Karena itu, jika anda punya ekspektasi lebih terhadap film ini, sebaiknya lupakan saja dan siap-siap menonton film komedi picisan jika anda masih tertarik pada film ini.

Sutradara: Jeong Yong Ki
Pemain: Shin Hyeon Jun (Jang In Jae), Kim Won Hee (Kim Jin Kyung), Kim Soo Mii (Hong Deok Ja), Kong Hyeong Jin (Bong Myung Pil), Lim Hyeong Jun (Jang Kyung Jae), Tak Jae Hoon (Jang Seok Jae)
Release: 21 September 2006

2 thoughts on “Marrying The Mafia 3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s