9 Ends 2 Out


“Antara chingu dan chingu namja”

Hong Nan Hee dan Ban Hyung Tae telah berteman sejak kecil. Menginjak usia 30 tahun, baik Nan Hee maupun Hyung Tae masih sama-sama belum menikah. Berbeda dengan Hyung Tae yang asik berpetualang dari satu gadis ke gadis lain, Nan Hee telah mengikat janji dengan seorang pemain baseball liga nasional yang usianya jauh lebih muda dari Nan Hee. Meskipun menjalani hubungan backstreet Nan Hee dan sang brondong kesayangan benar-benar sangat serasi dan saling mencintai.

Karir Nan Hee yang mentok di perusahaan penerbitan komik kecil sering membuat sang ibu tidak puas hati. Terutama status lajangnya yang untuk kalangan wanita korea, sudah bisa dianggap sebagai perawan tua. Apadaya Nan Hee tidak punya cukup keberanian untuk memperkenalkan sang pacar pada ibundanya. Satu-satunya teman tempat Nan Hee selalu bebas berkeluh kesah dan membagi setiap senti alam pikirnya adalah Hyung Tae.

Hyung Tae sendiri masih tak bisa melepaskan bayangan kekasih masa lalunya, seorang pemaingitar berkebangsaan Korea-Spanyol yang sangat cantik bernama Yoon Sung Ah. Hyung Tae yang malang ditinggal pergi oleh sang kekasih empat tahun yang lalu tanpa kabar dan berita. Pahitnya setiap Hyung Tae mencoba menghubungi Sung Ah atau bahkan pernah berusaha menyusulnya ke Spanyol, Hyung Tae tidak mendapatkan tanggapan apapun bahkan Sung Ah berlaku seolah-olah sama sekali tak pernah mengenalnya. Hal inilah yang menjadikan sang eksekutif muda di perusahaan periklanan ini sangat tidak percaya diri dalam urusan percintaan, yang serta merta menjadikannya seorang pemain cinta dalam urusan berkenalan, mendekati kemudian meninggalkan wanita-wanita cantik dan menarik yang sering ditemuinya. Nan Hee lah satu-satunya teman yang paling mengerti dirinya dan paling nyambung kalau diajak berdiskusi tentang krisis cintanya ini.

Nan Hee dan Hyung Tae, meskipun telah 30 tahun berteman baik ternyata tidak begitu kenal satu sama lain. Hal ini disadari Hyung Tae ketika Nan Hee dan dirinya harus berbagi ruangan dalam satu rumah. Menjalani hari-hari bersama Nan Hee yang berantakan, ceroboh serta apa adanya menjadikan mata Hyung Tae terbuka kalau ternyata selama ini dirinya tak begitu mengenal Nan Hee. Hyung Tae sampai membuat sebuah buku catatan kecil mengenai Nan Hee.

Nan Hee sendiri menghadapi dilema ketika mulai hidup bersama Hyung Tae. Tak bisa dipungkirinya kalau dahulu dirinya memang pernah menaruh hati pada temannya ini. Bahkan Hyung Tae adalah cowok pertama yang ditaksirnya. Hubungan Nan Hee dan Hyung Tae tanpa dapat mereka elakkan kemudian berkembang menjadi lebih dari seorang chingu (teman). Terlebih ketika Nan Hee putus dengan sang brondong dan Hyung Tae sendiri juga melepaskan seorang wanita cantik teman sekantornya karena dalam hatinya mulai menyadari kalau Nan Hee untuknya juga bukan hanya seorang chingu. Apadaya ketika Hyung Tae menyatakan perasaannya, Nan Hee yang tak ingin merusak hubungan baik yang telah mereka jalin selama 30 tahun terakhir tetap bersikeras untuk menjaga hubungan tersebut seperti sedia kala. Merubah posisi chingu menjadi chingu namja (teman lelaki) akan membuat semuanya menjadi asing bagi Nan Hee. Sampai kemudian Sung Ah kembali muncul dalam kehidupan mereka, dan perasaan Nan Hee pun tak bisa lagi berdusta..

Secara drama ini memang bercerita tentang kehidupan, problematika dan dilema yang menghantam wanita-wanita lajang di usia 30 tahun, penggambaran sosok Nan Hee memang sangat dekat pada kejadian sehari-hari pada umumnya. Apa yang dialami dan dirasakan Nan Hee mungkin juga banyak dirasakan oleh wanita-wanita lajang pada rentang usia yang sama. Sedikit banyak memang, drama ini dapat dijadikan pembelajaran dan contoh bagi pembaca yang mengalami masalah sama.

Meskipun ratingnya jelek, tapi menurut saya drama ini tidak sedemikian jelek. Memang betul segmennya sangat terbatas pada kelompok wanita usia pertengahan sampai mereka yang telah bekerja sehingga agak muskil kalau mengharapkan penonton dari kelas remaja dan ABG dapat menikmati serial ini. Tak saya pungkiri juga, sebagaimana drama Korea kebanyakan, cerita inipun kurang terfokus pada satu ide cerita saja alias memiliki side story mengenai tokoh-tokoh lain (dalam hal ini teman-teman Nan Hee). Satu yang disayangkan juga dari drama ini adalah tak cukup lihainya pihak sutradara menyusun plot dan ritme yang menjadikannya selalu anti klimaks sampai di ending cerita. Gak bakal ada perasaan gregetan atau deg-deg an di sini karena setiap gelombang emosi yang coba dinaikkan akan kembali melorot di pertengahan. Satu hal yang saya sukai, dari sejak episode 2 sampai akhir adalah chaemistry yang pas dari kedua pemain pemeran Nan Hee dan Hyung Tae. After all, 2 bintang saja dari saya.

Sutradara: Han Chul Soo
Pemain: Lee Jung Jin (Byun Hyung Tae), Soo Ae (Hong Nan Hee), Lee Tae Sung (Kim Jung Joo), Hwang Ji Hyun (Yoon Sung Ah), Lee Sang Woo (Lee Joon Mo)
Release: 14 Juli 2007

28 thoughts on “9 Ends 2 Out

  1. Gue baru liat Lee Jung Jin di dua serial aja, 9 End 2 Outs dan Love Story in Harvard, tapi ternyata doi udah lama wara wiri di sinema korea. Daftar drama serialnya:
    9 End 2 Outs (MBC, 2007)
    Love Story in Harvard (SBS, 2004)
    April Kiss (KBS, 2004)
    Escape From Unemployment (SBS, 2003)
    Trio (MBC, 2002)
    Bad Girls (SBS, 2002)
    Lovers (MBC, 2001)
    Woman Who Is More Beautiful Than A Flower (MBC, 2000)
    More Than Words Can Say (MBC, 2000)
    She’s the One (KBS, 2000)
    The Sandglass (SBS, 1995)

    Trus kalau film:
    Mapado (2005)
    Once Upon A Time in High School (2004)
    Beat on My Disco (2002)
    Bloody Beach (2000)

    Yang pernah liat beredar cuma Mapado doang deh klu ga salah..

    Tapi setelah liat dia di 9 Ends 2 Out gue jadi naksir juga nih😛 Tinggi dan berbody pula hihihi..

    Btw gue belum jadi ke glodos neng, masih belum sempat, ntar dikabari deh ya🙂 Miyanhaeo..

  2. ceritanya datar banget,nggak ada gregetnya trus
    chemistrynya nggak dapet banget padahal ini kali
    kedua mereka berpasangan, gw nontonya sampai ketiduran.
    so so aja.

  3. hmm… mungkin tiap orang berbeda yah kali cara menikmati sebuah serial. Karena gue suka banget sama serial ini🙂. Ban Hyung Tae dan Hong Nan Hee bener-bener bikin gue ngayal tentang gue dan temen gue hahahaha… sayang banget yah ternyata rating nya rendah.. padahal hyung tae kakkoii bangettt… hehehe…

    Anyway udah hampir mau tamat nih nonton serial ini. Ada yg bisa kasih reference serial lainnya gak? Yg romance2 juga kaya gini🙂

  4. hallo every body…hehehe
    ini termasuk salah satu seri favourite gw juga…..gw rekomen film lagi…coba “how to meet a perfect neighbor”….cowoknya cute abiz and ceritanya lumayan seru……

  5. gak tau kenapa, chemistry mrk justru lebih dapet sbg temen ketimbang pacar..waktu mereka mulai saling suka malah kurang greget,,,sayang ratingnya rendah yah..padahal ceritanya udah lumayan unik loh…

  6. Drama serial ni menurut gw ga terlalu buruk koq.. Ya, emang sich kesannya agak bertele-tele, tapi gw ga bisa brenti nonton ni serial.. Gw suka banget ama Lee Tae Sung yg cute abiz di serial inieh…

  7. serial ini unik kok..mirip banget dgn real life..🙂 wlopun betul pembentukan klimaks emosinya kurang..tp tetep lumayan lah..drpd over done, right chingu??🙂 tks sinopsisnya..bagus.

    btw, sy nonton online di http://www.mysoju.com translationnya jauh lbh bagus drpd yg di dvd sy beli..

  8. aku liat trailer-nya di mv fly again – byul… yaaa lucu… pa lagi banyak berantemnya (khas drama korea)

    Soo Ae Pas banget jd pemeran utama wanita, kapan tayang di indonesia yaaa… ditmptku sewa vcd-nya susah sich???

  9. baru nonton ni film,,
    sebenarnya ceritanya bisa lebih bagus dari ini..
    kalo plotnya lebih fokus,
    kita yang nonton sebenarnya banyak berharap ma film ini, tapi emang kurang gregetnya..

    kadang-kadang flash back-nya ga nyambung,,

    tapi ada juga bagian yang lucu, terutama awal2 episode..
    cocok lah kalo cuman dapet 3 bintang..

  10. Gw mah malah gag fokus ma critanya.. Gw lbh fokus ngeliat cowonya… Hehe.. Kbnyakan scene yg doi pacaran ma brondong sich dripada si hyung tae

  11. drama ini menurut gw bagus, mungkin agak suka ngegantung tapi buat gw menarik banget udah gitu ceritanya enggak terlalu drama banget. pokoknya two thumbs up buat drama korea 9 ends 2 out. great drama!

  12. lee jung jin thu pemain fav Q…….

    aq ska smua film yang di peranin…

    n stu lgi….

    dia thu ganteng bgd…. beda ama aktor2 korea laennya…

    tgl lhirnya sm ma Q lg…..

  13. recommended nih seri…
    salah satu seri korea ‘ternormal’ hehe. Krn critanya ga soapie alias ga lebay dramatis gt hehe.
    lee jung jin, ganteng skaligus lucu…bodynya wow hahaha

  14. Wah. Ak baru nnton nih. Ktinggalan bgt yah. Hihihi😀 di indonesia udah tayang loh. Tapi tayangny di stasiun tv lokal gitu. Menurut ak sh rame ya, walaupun ak 18 taun cman ak suka aj sama ceritany, apalagi si lee jung jin keren bgt disitu. Sempet suka jga tuh sama si lee jung jin😀 kkk~ tpi syang ya ratingny ga bgus pdahal ceritany trgolong unik tuh, mksudny jarang2 ad drama korea yg ngangkat cerita bgituan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s