Miss Modern (Haikarasan Ga Tooru)


Anda penggemar manga-manga shojo klasik? Bagi yang menjalani masa remaja di tahun 90 an tentu tidak asing dengan manga Candy-Candy, Swans, Pansy, atau manga-manga karangan Waki Yamato seperti Yokohama, Little New York, Linden dan Miss Modern. Nah, film yang satu ini merupakan adaptasi langsung dari manga yang terakhir saya sebutkan, Miss Modern.

Mengambil setting era Taisho (tahun 1920an), film ini bercerita tentang seorang cewek tomboi bernama Benio Hanamura yang dijodohkan dengan seorang letnan dua Shinobu Ijuin atas perjanjian kedua kakek nenek mereka. Benio yang keras kepala, ceria, ceroboh, namun berhati tulus sengaja dibawa ke keluarga besar Ijuin untuk dididik menjadi calon menantu yang mengerti adat istiadat serta kebiasaan hidup kelas atas. Meski awalnya Benio menolak dan mencoba kabur dari rumah besar tersebut, kepatuhannya sebagai seorang anak yang menurut pada orang tua serta hatinya yang diam-diam mulai tertambat pada sang letnan dua menjadikan Benio mencoba berusaha beradaptasi dengan keluarga tersebut. Di sisi lain, sang letnan dua Ijuin sudah kadung jatuh hati pada pandangan pertama ketika melihat Benio.

Kisah cinta yang klasik ini mendapatkan tantangan ketika sang letnan dua harus dikirim ke Siberia. Benio yang telah menyerahkan hatinya kepada sang letnan dihadapkan pada penantian yang panjang dan melelahkan. Kabar yang mengatakan kalau sang kekasih telah gugur di Manchuria pun tak bisa merobohkan benteng cintanya terhadap sang letnan. Sampai ketika seorang pimpinan redaktur sebuah serikat surat kabar tempatnya bekerja melamar dan menyatakan cinta padanya, Benio kembali dihadapkan pada pilihan yang sulit. Perjalanan panjang pun ditempuhnya ke Manchuria untuk mencari tahu kebenaran tentang sang letnan dua. Apakah memang benar sang letnan dua Ijuin kekasihnya masih hidup seperti kabar burung yang didengarnya dari seberang? Bagaimanakah akhirnya nasib cinta Benio dan kemana pelabuhan hatinya itu ditambatkan? Ending yang manis dan mengesankan. Sama persis seperti yang ada di manganya.


Haikarasan ga tooru manga

Secara film ini produksi tahun 1987, meskipun film ini debut awal Yoko Minamino dalam adu actingnya dengan Abe Hiroshi, film ini ternyata tak kalah menarik apabila saya bandingkan dengan generasi-generasi sesudahnya. Meski pada beberapa adegan Yoko kelihatan kaku namun toh actingnya di sini tetap nyaman dilihat apalagi kemampuan Abe Hiroshi yang mulai berkembang dan beberapa pemain senior lain berhasil menutupi kekurangannya. Lagi-lagi, secara film ini produksi tahun 1987 meski akan kalah jauh dibanding produksi tahun sekarang, film ini memang layak mendapatkan penghargaan pada masanya. Tiga bintang dari saya.

Pemain: Yoko Minamino, Abe Hiroshi, Ken Watanabe
Release: 1987

19 thoughts on “Miss Modern (Haikarasan Ga Tooru)

  1. mbak
    tolong di review time between dog and wolf dong
    aku beli tapi belum aku liat
    kayaknya sad ending yach mbak
    secara adegannya kayaknya berantem melulu
    udah gitu kata temen c endingnya nggak jelas gitu
    bener nggak ?
    thank u mbak ichal ;d

  2. iya mbak seru abis walaupun waktu adegan berantemnya sering aku forward🙂
    seru juga liat lee jun ki yang tampil cowok banget, beda banget sama peran dia yang di my girl yang jadi cowok “cantik”
    setuju dech mbak drama yang satu ini emang seru pisan
    tapi kenapa yach mbak ending drama korea itu selalu tersirat

  3. lho kamu udah kelar yah? hihihi.. keren siah! well, soal ending mungkin sutradaranya sengaja bikin begitu untuk memberi kebebasan pada penonton menyelesaikan akhir cerita sesuai dengan versi mereka sendiri, padahal banyak penonton yang sebenarnya berharap sebaliknya, ya toh?

  4. met sore Mbak Ichal
    nggak pernah bosen kan baca postingannya akyu heheh🙂
    mbak katanya ada serial baru kalo nggak salah virgin snow
    aku belum pernah liat sih
    tapi di forum na indosiar pada lagi di obrolin

  5. mbak e… aku pengemar manga Candy-Candy, Swans, Pansy, atau manga-manga karangan Waki Yamato seperti Yokohama, Little New York, Linden dan Miss Modern.
    sampai sekarang aku masih simpan komiknya..😀
    duh, ternyata dah ada filmnya ya..
    dah beredar ya?

    oh iya mbak, kalau TOPENG KACA ada serial atau filmnya juga nga ya??

    tolong di info ya.

    thanks,

  6. Pingback: Goodreads and Miss Modern « Araian

  7. Do you know where i can buy Miss Modern with Indonesian/English Translation? I dont care if it was olds ones as long its still can be read. I’ve been looking this comics since i was 8 years old but still cannot found it .

    shima
    Malaysia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s