Tips Membeli DVD


Peredaran film dan dan drama serial Korea yang sudah seperti kacang goreng dimana-mana tentunya sangat menggembirakan bagi para peminat setia sinema Korea. Akses yang cepat dan update di beberapa kota yang tak terbatas hanya pada kota-kota besar saja saat ini juga merupakan hal yang menggembirakan. Namun sayang, dibalik fenomena ini ada kesenjangan yang muncul yang secara langsung merugikan konsumen dalam hal ini tentunya para penikmat sinema Korea tadi.

Kalau dulu untuk satu serial drama yang berjumlah 16 atau 20 episode dikemas dalam 4 sampai 5 keping DVD, dengan ‘kemajuan teknologi’ dan kelicikan (sorry to say so) para produsen (dalam hal ini abang petani kita) mengemasnya menjadi 8 sampai 10 keping. Yang biasanya dalam 1 keping memuat 3 sampai 4 episode, sekarang malah paling banyak 2 episode bahkan dalam 1-2 bulan terakhir 1 keping DVD hanya berisi 1 episode. Resiko. Memang benar, bagi pengguna jasa barang-barang hasil tani ini tentu saja tak ada pilihan lain. Demi mendapatkan hiburan serial-serial Korea (dan Asia lainnya seperti Jepang) yang lebih menarik dari sinetron-sinetron plagiat di televisi swasta negeri sendiri, gak ada jalan lain yang dapat ditempuh kecuali membeli hasil rekayasa ini.

Namun demikian, tulisan saya kali ini sedikit banyak ingin memberikan tips bagi para penikmat sinema Korea yang mungkin belum begitu mengenal pasar. Bagaimana cara mendapatkan film maupun drama serial yang diinginkan, dengan budget terbatas namun tidak terjebak pada hasil ‘rekayasa’ yang saya maksudkan tadi. Berdasarkan pengalaman saya dalam berburu DVD di pasar rakyat para petani, saya memperhatikan ada 2 macam jenis hasil tani ini yaitu:

  1. Hasil copy pertama ketika serial itu baru keluar. DVD jenis ini baik cover maupun kemasannya memang bagus, dikenal juga denga sebutan CD kuning. CD kuning ini pahitnya memang berisi 1-2 episode saja. Malah pada beberapa judul serial terakhir (2 Ends 9 Out, The Legend) hanya berisi 1 episode. Bayangkan saja berapa rupiah yang harus kita keluarkan untuk satu serial saja? The Legend yang konon terdiri dari 50 episode tentunya akan memakan budget kita paling tidak Rp 300.000,- kan?
  2. Hasil copy kedua yang merupakan produk ‘kasih sayang’ para petani, dikenal juga dengan sebutan CD ungu/biru. Kemasan dan cover jenis ini memang tidak sebagus jenis yang pertama. Cover CD kuning yang hampir menyerupai CD original pada CD ungu ini hanya berupa selembar cover putih dengan judul drama yang dimaksud. Namun untungnya, dalam 1 keping CD para petani yang menyayangi konsumennya ini mengemas 2-3 bahkan ada yang 4 episode. Sayangnya CD ungu ini agak lama beredar di pasar dan hanya ada pada toko-toko tertentu. So, anda harus sabar menunggu dan rela berburu di pasar-pasar petani ini.

Nah, sekarang terpulang pada anda untuk menentukan pilihan. Meski demikian selektif terhadap isi cerita serta mencari tahu terlebih dahulu berapa episode total serial itu juga mungkin akan sangat membantu menghemat budget anda. Happy hunting!

17 thoughts on “Tips Membeli DVD

  1. wah…..tips alias kita 2 diatas bagus banget…manfaatnya banyak….biar kita ga kedodoran….kalo beli yang mpe 100 an episode….good…goood tks jeng… makin kesini makin yahud bloger kamu….

  2. Makasih ya mba atas tips n
    infonya. Baru tau deh klo cd
    itu ada jenis2 nya seperti
    cd kuning & cd ungu/ biru.
    Tpi kira2 bisa di temukan
    dimana ya cd/ dvd jenis itu?

  3. Kalau di mall atau plaza2 kebanyakan memang CD kuning, kemasan maupun covernya bagus (untuk DVD serial Korea), hanya satu dua mungkin yang jual CD biru/ungu secara kemasannya memang kurang menarik. Tapi kalau kamu ada waktu dan suka hunting, mungkin Glodok adalah pilihan yang tepat (jangan di Pinangsia Plaza ya, di pasar nya yang di sebelah Pinangsia itu).

  4. Mo ikutan comment ah…
    Setahu gw n berdasarkan pengalaman gw bbrp th ini belanja di pinangsia glodok, ga ada tuh ketentuan kalo CD kuning isinya lbh sedikit dr cd ungu/biru. Kalo kita beli film seri korea yg baru aja dirilis bajakannya, biasanya mrk akan mentranslate dulu, yg biasanya makan wkt paling lama tuh…sedangkan abang2 pembajak itu ga cuma 1 kelompok di Indonesia, otomatis mrk berlomba untuk meraup uang sebanyak2nya dg mengeluarkan CD film tsb secepatnya, dimana hasil translation-nya blm selesai utk semua episode. Jadi dikeluarin deh tuh episode dikit2…

    Kesimpulannya…
    Kalo kita sabar nunggu agak lamaan dikit, pasti bakal dpt DVD dg jml CD yg sedikit. Tapi kalo udah keburu pengen nonton, yah…terima aja nasib beli CD se-abreg2 utk 1 film seri korea doank…

  5. Nah jeng, karena abang petani ini ga cuma 1 kelompok (as u said) di pengalaman gue selama belanja di glodie juga, ada kelompok A yang mengeluarkan copy pertama dgn isi 1-2 episode/keping (disebut sbg CD kuning di antara abang2 itu) dan ada kelompok B yang mengcopy lagi hasil dari A tapi mengemasnya jadi 3-4 episode/keping dalam CD ungu/biru yang covernya plain tadi. Contohnya serial “9 ends 2 out” pertama keluar ada 2 versi toh: yg pertama 1-5 (dlm 1 keping), yg kedua 1-3, 3-6, 6-8 untuk masing2 keping (luckily kedua versi ini dimuat dlm CD kuning berkemasan bagus. Tapi kemudian lanjutannya tau sendiri kan? Episode 9 sampai 16 masing2 1 episode 1 keping dengan jarak keluar hanya 3 hari-1 minggu/keping. Ngaco kan? Tapi ternyata setelah itu ada yang mengemasnya dlm CD biru/ungu dengan episode 9-12, 13-16, hanya 2 keping bo’!

    So memang bukan aturan baku kalau CD biru/ungu jumlahnya lebih sedikit dari yang kuning berkemasan bagus, pengalaman kita juga beda2 soal ini, paling engga yang baca bisa dpt masukan lah ya seputar hasil karya para petani ini.

  6. iya nih mbak…bulan ini ketipu banget beli dvdnya… Dan aku perhatiin sayangnya yang kena 1 disc 1 eps itu yang film-film bagus… Jadi nyesek banget..
    Oya, mbak 9 end 2 outs aku dapet disc kuning yang 1 disc berisi beberapa eps..Jadi kalo gak salah 9 end 2 outs sampe tamat itu cuma 6 disc…

  7. paling sebel sekarang the legend, 1 episode 1 disc sementara episodenya masih banyak (12 episode lagi sampai tamat), mudah2an ntar ada yang bikin versi hematnya ya

  8. iya neh… kapan hari gue di mal ngelihat ada the legend gitu n gila banget, masa 1 keping satu episode isinya… truz biz tu gue tertarik ma serial winter bird yg saat itu masih muncul 3 keping aja… n ternyata gue juga baru tahu kalo itu ternyata belom kelar n konon jumlah total eps nya mpe 50 eps. mampus deh…
    tapi ada yang mau gue tanyain nih… b7ukanya cd yang warna ungu itu banyak sering error n rusaknya tuh? bener ga sih?

  9. Kalo saya lagi rajin nge-donlot nih mbak…hehehe…berkorban nungguin donlot yg ampe jam2an untuk sampe selesai satu film gapapalah…yang penting gak gondok ama para petani menyebalkan itu… Terakhir beli : Dalja’s Spring, masih baek petaninya ngasih satu keping isi 4 episode, abis itu gak lagi deh.., di mana2 satu keping isi 2 episode, bikin eneg ajah..*emosi jiwa*

  10. Annyeong…jangankan di indo, di korea sendiri buanyak ko’ “tim sukses” yang berhamburan dijalanan. daripada capek2 download n beli cd, mending tonton melalui internet aja. gratis koq. sebagai saran kunjungi web ini http://www.naver.com/ atau http://www.daum.net/. ada banyak film n drama korea yg update disitu.

  11. aqu cuma mau kasih alternatif tempat belanja dvd or vcd korea yang lumayan ga nyesekin dada.di poins square (deket giant lebak bulus) disana banyak yang jual vcd korea.satu keping sekitar 3-4 eps.lumayanlah daripada lumanyun.he2…
    harganya jiga lumayan, sekitar 7000-8000 satu kepingnya. kalo beli banyak bisa kurang lagi.
    happy trying yah,
    jangan lupa kabar-kabari tempat belanja dvd or vcd korea lainnya
    ke mettrisa@yahoo.com

  12. mmm…setahuku, di point Square lebak bulus, harganya
    cuma 6000 ribu kok say..aku memang biasa beli disini
    deket dari rumah soalnya..hehehe..

  13. Sebenarnya sih bukan masalah 1 disc muat berapa episode. Yang penting gambarnya bagus. Dan yang lebih penting lagi bisa diputer di player anda. Ya kan? Hehehe.Semakin banyak episode yag muat dalam 1 disc berarti gambarnya bakal jelek banget. Gua kapan itu beli online 5 judul korea drama gambarnya juelek skl dan parahnya lagi sering macet2. Jadi gua lempar aja tuh tumpukan dvd baru.
    Yang pingin gua tahu dimana sih tempat beli DVD yang rekomended. Gua biasanya di M2M gambar bagus tp beberapa disc gak bisa diputer.

  14. mmm..berhubung ichal yg bikin
    postingan diatas, gw cuma mau
    menanggapi tempat yg rekomen buat beli
    DVD, err..DVDnya bajakan apa yg asli?
    yang bajakan biasanya kalo cari yg bagus
    baik secara sub, dan gambar harus tungg
    beberapa waktu, soalnya kalo yg masih
    baru, atao kopian pertama masih rada
    jelek. soal tempat, mmm di itc mangga 2
    atau di glodok..toh produsennya tetep
    sama..
    kalo yg original, katanya blockbuster
    yang punya, tapi itupun ga komplit..
    cmiiw

  15. cri dvd mnrut gw pling top d mall mangga 2, d jmin ga bkalan nyessel…asal jngn di ITC nya kdang seri nya ska ga hbis pdhal yg jual ngmong da END….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s