Someone Behind You


Film bergenre horor atau thriller seperti ini sebenarnya bisa dijadikan variasi hiburan yang menarik. Setelah tertawa terkekeh-kekeh sambil tertegun haru menyaksikan “Get Karl! Oh So Jung” pilihan saya jatuh pada “Someone Behind You” ini. Alasannya sederhana, ada Park Ki Wong di sini🙂

Meskipun Park Ki Wong hanya dipasang sebagai pemeran tambahan (sidekick) yang tidak selalu muncul di tiap adegan, namun ternyata kemampuan actingnya boleh tahan lah! Setelah saya menyaksikan film komedi romantisnya di “My Tutor Friend Lesson 2”, penampilan Ki Wong di sini membubuhkan nilai tambah untuk pengalamannya di dunia seni peran. Park Ki Wong si Nino Arashi versi Korea main bagus!

Cerita film ini berkisar tentang Ga In, seorang pelajar sekolah menengah atas yang setelah menjadi saksi kunci atas pembunuhan bibinya, selalu dikejar-kejar orang kerasukan yang sangat ingin membunuhnya. Tak tanggung-tanggung, orang-orang ini bukanlah orang asing yang tak pernah dikenalnya, sebaliknya mereka adalah teman sekolahnya, gurunya, teman dekatnya, bahkan ibunya sendiri pernah hampir membunuhnya di rumah, untung saja waktu itu sang ayah tak segera datang menolong.

Misteri pembunuhan inipun merembet sampai ke sejarah pembunuhan lainnya yang pernah terjadi di kalangan kerabat mereka. Dengan dukungan pacarnya Heon Joong dan seorang teman sekolahnya (Suk Min) yang pernah mengalami peristiwa serupa dalam hidupnya, Ga In pun membulatkan tekad untuk memecahkan misteri ini.

Akhir cerita yang tragis dan jawaban misteri pembunuhan ini akan sedikit menghentakkan penonton akan gambaran dan dugaan pelaku sebenarnya di balik peristiwa ini.


Semua orang ingin membunuhnya


Mandi darah..

Material yang ditawarkan film ini sebenarnya cukup unik. Pada awal cerita saya mulai diterjang serentetan pertanyaan dan praduga akan arah cerita film ini nantinya. Tapi sayang, sepertinya penulis skenario film ini masih ragu dan bingung untuk menentukan ‘big picture’ nya. Film ini jadi seperti memiliki dua sisi yang menjadikannya inkonsisten.

Sisi pertama, film ini sepertinya ingin direka bertemakan kutukan dan mitos yang ada dalam masyarakat setempat. Bahwa istri atau kekasih yang berselingkuh pasti akan menemui ajalnya di tangan suami atau kekasihnya sendiri. Sang suami tanpa sadar seolah-olah digerakkan oleh suatu kekuatan yang membuatnya lupa diri sampai tega menganiaya dan membunuh istrinya. Namun setelah kejadian itu, selaiknya orang yang kerasukan dirinya pun tak akan ingat apa yang telah dilakukannya.

Sisi kedua mengenai balas dendam yang terencana. Sisi kedua ini lebih masuk akal dan dapat diterima sebenarnya jikasaja tidak tiba-tiba mencuat di akhir cerita yang alih-alih memberi jawaban atas pertanyaan sebab-akibat semua peristiwa justru malah menimbulkan pertanyaan baru. Korelasi kedua sisi ini berkesan sedikit dipaksakan, meski memang diselipkan alasan (bagi saya seperti ngeles malah) kenapa pelaku berbuat itu.

Sebagaimana pakem film horor dan thriller yang pasti akan menggunakan darah sebagai iconnya, dalam film ini juga terdapat beberapa adegan bersimbah darah, bahkan ada satu adegan dimana Ga In diguyur darah yang menyebabkan tubuh dan seluruh kamarnya berwarna merah (mirip adegan di salah satu “Whispering Coridor series”). Tapi sayang, greget kengeriannya kurang saya rasakan karena (lagi-lagi) adegan ini kurang nyambung dengan temanya.

Muncul pula sosok wajah dan tangan monster di sini. Saya lebih memilih menyebutnya monster karena memang penampakan yang ada lebih menyerupai monster di film-film produksi Hollywood ketimbang pencitraan makhluk halus pada umumnya di sinema Korea atau Jepang.

Sebagai film thriller yang sarat kengerian, semestinya film ini dapat memicu adrenalin saya. Sayang, meski beberapa kali sempat kaget dengan fakta yang disuguhkan, film ini lebih terasa di sisi hiburannya terutama ada dua namja ganteng yang dipasang di sini. Park Ki Wong dan si jangkung Lee Ki Woo yang berperan sebagai mahasiswa kedokteran dan pacarnya Ga In. Well, untuk semua kemasan paketnya, 2.5 bintang dari saya.

Sutradara: Oh Gi Hwan
Pemain: Yun Jin Seo (Ga In), Park Ki Wong (Suk Min), Lee Ki Woo (Heon Joong), Ahn Nae Sang (ayah Ga In), Lee Kan Hee (ibu Ga In), Kim So Eun (Ga Hyun, adik Ga In)
Release: 22 Agustus 2007

7 thoughts on “Someone Behind You

  1. meskipun hampir semua film korea adalah “cinderella stories” tapi tetep punya magnet tersendiri. cuma ada 1 akktris yg bisa bikin hati saya deg-deg plas…. KO HYUN JUNG… auranya gak ada 2.

  2. ditipu kerja sama perusahaan publishing kacrut. masuk dong😦
    gaaaan ane lagi sedih banget nih ga kesedih sih sbnrnya lebih ke emosi aja gt..
    ane mau cerita aja ah, berawal dr bulan agustus lalu, ane diminta jd copywriter untuk website publishing film ini nih website ramsfilm.com sengaja ga gue hyperlink kalo yg mau liat copas aja menuju situ yah..
    ane kerja 3 org dalam 1 tim. atasan ane selaku publishing yg nama kaskusnya senimata twitternya @okysinemata kalo ga salah wordpress nya senimata.wordpress.com dan fb nya Mas Senimata.
    trus satu org lg org web developer. kita bertiga di bawah payung perusahaan asal india yg jualan film film yg ga laku , dan bakal tayang di blitz megaplex. ane udah nulis capek capek gan, dari awal kerja salah gue adalah gua ga minta list target dan perjanjian kontrak kerja ini yg bkn salah. trus perjanjiannya secara lisan si senimata ini blg kalo : semua kerjaan kamu dibawah pengawasan saya, kalo saya ga kasih materi jgn coba coba nulis sendiri.
    yah namanya gue copywriter yah gue nurut aja kan ya, org meeting gue dateng, training website gue pun juga dtg. sampai suatu ketika…
    gue dipecat secara tidak hormat, si senimata ini bilang ke Bos Besar (si india) katanya kerja gua ga bagus sama sekali, tulisan gue jelek, dan dia udah bawa pengganti gua (gua tau hal ini langsung dr bos besar yg telpon gue malam hari)
    gue nyesek dong gan, padahal selama ini kalo ada tulisan yg jelke gue siap kok di kritik dan di revisi berapa kali pun. cuma krn ga ada komplain dan ga ada review kerjaan plus kepotong libur lebaran juga yaudahlah akhirnya gue pikir kan ga ada masalah. siapa suruh ga mengkomunikasikan dengan baik.

    trus si senimata itu ga ada sama sekali basa basinya sm gue : eh njing lo dipecat ye atau apa kek gt
    sampe si bos besar org india itu telpon gue jelasin semua nya dan dia bilang bakal kasih gue uang bayaran tp ga sesuai sama gaji kesepakatan awal krn menurut dia kerja gue dibawah ekspektasi dia. (oke gue terima nih disini ) gue mikirnya apa ajalah yg penting keringet gue ga sia sia.

    hari demi hari gua tungguin, detik demi detik, itu rekening gue mandek disitu aja saldonya sampe 2 bulanan lebih gan..
    sampe akhirnya saat si senimata ini online gue kata2in aja gan.. saking gue keselnya ditipu abis abisan.
    perdebatan panjang lebar yang sebenarnya gue cuma minta semua tulisan gue di hapus, karena gue sama sekali ga dibayar apa – apa gan.
    wajar dong gue minta tulisan gua di hapus?
    eh si senimata ini ga mau gan.. dan malah pamer kalo udah ada pengganti gue yg kerjanya jauh lebih baik , dengan nama website nya ramses.com
    gua dah yakin banget mereka semua kayaknya komplotan gt yg cari uangnya dengan cara nyakitin org.

    menurut agan2 kalo jd ane agan sedih ga sih ?
    dan notes ya: dari awal kesepakatan nya gn : saya seorang copywriter yang baru menulis setelah si senimata ini kasih saya materi.
    dan voila, dia selalu telat ngasih materi yang kacrut itu.

    endingnya gan: gue puas ngata2in si senimata walaupun ga dibayar sama sekali. ini bukan soal uang lagi tp ini soal gue mempertahankan harga diri gue gan
    ya kan gan?
    duh makasih yah ane plong banget~

Leave a Reply

