Shadows in The Palace


Seorang pembantu selir Hee Bin ditemukan gantung diri di kamarnya pada suatu pagi. Peristiwa tragis ini menjadi berita yang mengejutkan bagi sang selir yang sedang membangun image di mata ibu suri demi pengangkatan putranya sebagai pangeran pewaris kerajaan. Berbagai upaya pun dilakukan untuk menutupi hal ini, meski demikian selir Hee Bin yang merasa sangat kehilangan pembantu terbaiknya itu tetap ingin tahu apa penyebab kematian tersebut, apakah benar-benar gantung diri atau malah dibunuh?

Perawat istana Chun Ryeung yang bertugas mengautopsi mayat Wol Ryeung (pembantu selir tadi) menemukan berbagai fakta yang mengejutkan. Dari hasil pemeriksaannya Chun Ryeung tidak mendapati tanda-tanda bunuh diri pada mayat tersebut. Tak hanya itu, dari hasil pemeriksaannya Chun Ryeung pun dapat menyimpulkan bahwa Wol Ryeung baru melahirkan seorang bayi. Tentu saja hal ini akan menjadi berita besar yang akan menggemparkan istana, mengingat para pembantu istana tidak boleh menikah bahkan harus tetap menjaga kesuciannya seumur hidup. Chun Ryeung pun mencoba mendiskusikan kasus ini pada atasannya perawat Park, namun tanggapan perawat Park justru mengecewakannya.

Chun Ryeung dengan segala keberanian dan ketajaman analisanya tetap meneruskan penyelidikan kasus kematian Wol Ryeung. Berbagai buktipun ditemukannya dan mengarahkannya pada berbagai rahasia yang selama ini tersimpan rapi di dalam istana. Sayangnya, pihak-pihak yang ingin menyembunyikan rahasia ini mengetahui tindak tanduk Chun Ryeung dan berhasil menyanderanya. Bagaimanakah kesudahan cerita misteri ini? Apakah Chun Ryeung berhasil mengungkap jati diri pembunuh yang sebenarnya?


Autopsi mayat Wol Ryeung



Metode hukuman dalam istana



Hee Bin yang sedang dihukum ibu suri

Menegangkan! Film ini meski tidak seperti film thriller atau horor kebanyakan yang mengumbar darah atau penampakan-penampakan seram, suasana dan situasi dalam istana yang terkesan gelap, dingin serta misterius sudah cukup mengundang perasaan seram saya ketika mulai menonton film ini. Rangkaian plot yang apik mulai dari awal sampai akhir film ini membuat mata saya nyaman dan otak tegang saya tetap bisa terus berpikir sembari mencoba menjawab sendiri pertanyaan-pertanyaan yang muncul di tengah jalan cerita.

Yang menarik dari film ini, selain misteri pembunuhan Wol Ryeung, adalah pusat pengembangan cerita yang berkisar mengenai kehidupan para pembantu istana serta ritual-ritual yang mereka lakukan. Dari cara pendidikan mereka (yang sebelumnya pernah saya lihat di serial “Jewel in The Palace” sampai berbagai metode hukuman yang mereka dapatkan ternyata benar-benar sangat ketat mengutamakan disiplin serta kesetiaan terhadap istana. Adegan pemotongan tangan karena mencuri, adegan pengurungan di ruang hukuman selama berhari-hari tanpa makanan atau minuman, sungguh merupakan informasi tersendiri yang menggambarkan sedikit banyak kehidupan di dalam istana pada era Chosun ini.

Mengenai acting para pemainnya yang saya catat di sini adalah acting memukaunya Seo Young Hee yang berperan sebagai Wol Ryeung si hantu penasaran, acting Lim Jung Eun yang berperan sebagai Ok jin si pembantu yang nyaris gila karena cinta, dan acting Yun Sae Ah sebagai selir Hee Bin yang sangat cocok dengan wajah melankolisnya. Sementara untuk pemain utamanya Park Jin hee, saya tidak mencatat luapan emosi khusus pada tokoh ini meskipun tak saya pungkiri actingnya juga tidak jelek. So, tanpa ragu saya akan membunuhkan 4 bintang untuk film ini!

Sutradara: Kim Mi Jeong
Pemain: Park Jin Hee (Chun Ryeung), Seo Young Hee (Wol Ryeung), Lim Jung Eun (Ok Jin), Yun Sae Ah (Hee Bin)
Release: 18 Oktober 2007

5 thoughts on “Shadows in The Palace

  1. I agree jika film ii dapat 4 bintang, selain dari segi ceritanya yang seru ada pencampuran horor dan thriller, benar – benar buat penasaran. kudu nonton….yah

  2. Maaf mba, saya mahasiswa pr yang diharuskan membuat blog. Saya minta ijin untuk membuat link blog mba ke blog saya karena kebetulan artikel yang saya release berkaitan dengan review mba, mohon bantuannya ya mba. Trims

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s