Haken no Hinkaku (Haken's Dignity)


Sekali lagi para sineas dorama Jepang membuktikan keruncingan taringnya di serial yang satu ini. Meski ceritanya sangatlah fiktif, di luar jalur ‘aman’ suatu sinema namun ide ceritanya sangat kuat, menggigit, dah inspiring sekali bagi para penontonnya.

Bercerita tentang Omae Haruko, seorang super Haken (haken adalah pekerja paruh waktu yang dibayar perjam) yang sangat terampil dalam berbagai bidang, memiliki berbagai keahlian tersertifikasi, tepat waktu, dan dapat diandalkan meskipun untuk suatu pekerjaan yang sulit. Namun sang super haken ini memiliki kepribadian yang juga super freak. Jutek, tidak ramah, tidak berperasaan, tidak ramah dan tidak mau tahu urusan orang lain meskipun hal itu terjadi di hadapan matanya. Omae Haruko juga tidak pernah mau memperpanjang kontrak kerjanya lebih dari tiga bulan seperti yang dijanjikan.

Ketika Omae Haruko ditempatkan oleh agensi Haken Life (agensi tempatnya terdaftar) ke perusahaan S&F, Omae juga ‘dititipkan’ seoang haken bau kencur yang sangat ceroboh, minim keahlian bahkan nol pengalaman oleh manager Haken Life. Omae yang meskipun awalnya sangat terganggu dengan Mori Miyuki, si haken bau kencur tadi, namun tanpa disadarinya Omae ikut turun tangan di setiap kesulitan dan masalah yang dihadapi Mori. Mori yang merasa berhutang budi kemudian berkiblat kepada Omae dan memanggilnya senpai. Dalam hatinya Mori bertekad untuk menjadi seorang haken yang berpengalaman dan sangat ahli seperti senpainya ini.

Kehidupan para haken di S&F yang sering diperlakukan sebagai kacung tentu saja di luar batas teretorial Omae sang super haken dengan harga diri yang sangat tinggi. Jangankan disuruh membelikan makan siang oleh pekerja tetap di situ, disuruh membuat resume saja Omae tidak akan mau kecuali yang menyuruh adalah kepala divisinya sendiri. Omae sangat menjaga disiplin dan peraturan di kantor, pula tetap menjalankan haknya sebagai seorang pekerja.

Omae yang tidak pernah mau lembur, selalu mulai bekerja pukul 9 tepat, istirahat pukul 12 tepat lalu pulang ke rumah pukul 6 tepat, memang merupakan sosok yang misterius bagi kebanyakan teman kerjanya di kantor. Apalagi setelah pekerjaan malam Omae sebagai penari flamenco di sebuah bar terbuka. Banyak bisik-bisik miring yang beredar, namun Omae adalah tetap Omae sang super haken yang tidak mempedulikan hal seperti ini.

Satonaka Kensuke adalah manager divisi tempat Omae bekerja. Diam-diam sebenarnya Satonaka telah menaruh hati pada wanita misterius ini. Namun karena teman baiknya si rambut keriting Shouji Takeshi juga naksir pada si alien cantik (Shouji menyebut Omae dengan panggilan alien dan si turtleneck), Satonaka mencoba memendam perasaannya dan membei jalan pada Shouji. Sementara itu Mori Miyuki malah naksir kepada kepala divisi yang sangat sabar dan berhati lembut ini. Kisah cinta mereka berempat meskipun agak rumit namun menjadi bumbu pemanis rangkaian dorama 9 episode ini.

Endingnya manis, meski saya sendiri kurang suka. Tapi untuk suatu dorama saya mengerti endingnya memang tak akan selalu seperti yang saya sebagai penonton inginkan. Namun demikian, dorama ini memang berhasil memotivasi saya sebagai seorang wanita pekerja dengan nilai-nilai dan pesan positif yang coba disampaikan oleh seorang tokoh Omae Haruko.

Yang menarik dari dorama ini adalah tokoh Omae yang digambarkan sangat super dengan keahliannya di berbagai bidang ternyatapun memiliki kekurangan. Omae yang jago memasak, membuat sushi, membantu seorang ibu melahirkan, memiliki skill sangat ahli di bidang computer, ternyata sangat tidak bisa menggambar. Gambar yang dibuat Omae bahkan lebih jelek dari gambar anak TK! Manusiawi sekali sang super haken ini pun ternyata memiliki kekurangan meski dia enggan mengakuinya.

Dari 25% hasil panen rating Haken no Hinkaku, sepertinya sudah cukup menggambarkan well recommended nya dorama ini. Kepiawaian Shinohara Ryoko yang memerankan Omae Haruko juga telah mendapat legitimasi sebagai best actress di 52nd Television Drama Academy Awards musim itu. So, dari saya juga 5 bintang deh🙂

Sutradara: Nagumo Seiichi, Sato Toya
Episode: 1-9

Pemain:
Shinohara Ryoko as Oomae Haruko
Kato Ai as Mori Miyuki
Koizumi Kotaro as Satonaka Kensuke
Oizumi Yo as Shouji Takeshi
Katsuji Ryo as Asano Tsutomu
Itaya Yuka as Kuroiwa Masako
Yasuda Ken as Hitotsugi Shinya
Shirota Yu as Amaya Ryuto
Shirakawa Yumi as Amaya Mayuko
Komatsu Masao as Ogasawara Shigeru
Matsukata Hiroki as Kirishima Toshio
Kamiji Yusuke as Kin Kosaku

Release: 10 Januari 2007

7 thoughts on “Haken no Hinkaku (Haken's Dignity)

  1. Hmmmmm…. worth to collect nichh apalagi dapet bintang 5 dari Jeng Ichal..

    Sapa tau stelah nonton nich pilem gw juga bisa ‘nyuri ‘ trik biar bisa jadi karyawan teladan xixixi….

  2. Jd pengen nuntun dorama ini kyany bs jd motivator lg kl yee kalo kerja lg stag n males2an… Tp entar aah… Gw png rerun lg capital scandal ketiga kalinya.. Hehehe..(tetep akang jihwan sarang)

  3. Hahaha…IYA nih dah nonton capital scandal.
    hohohoho..gwe bli gara2 keracunan Khang Ji Hwan Sarang di Hong gil dong..
    eh ternyata filmnya sama sekali tdk mengecawakan!!
    11, 12 bgt ma HGD…
    Love this movie..love khang Ji Hwan…

  4. This subtle and humorous show underpins not only the nobility of demanding contractual obligations but the underlying humanity (or lack thereof) of an increasingly dehumanizing industrial existence. You have temps who serve as grist to the mill of a company environment who could care less and employees who not only lord over the haken but act like they actually blame them for their position in the company/society. Having been a temp, I find it hilarious to see such a highly-qualified individual (portrayed masterfully Ryoko Shinohara) by underestimated by an entire department of inept employees who don’t have a clue about the advantage she represents.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s