Venus and Mars


The Freaking Couple

Kalau ada pasangan paling aneh dan ekstrim sepanjang sejarah film Korea mungkin Jin Ah dan Sang Min inilah yang dimaksud. Yang satunya super egosentris dengan kelainan jiwa bipolar termasuk gangguan obsesif kompulsif, yang satunya lagi dengan instabilitas mood dan keinginan untuk selalu diperhatikan. Meski saling menyadari kalau mereka berada di ‘alam’ yang berbeda, meski dari sejak pacaran mereka sering ribut dan putus-sambung, tapi benang cinta yang telah mereka jalin akhirnya mengantarkan keduanya ke jenjang pernikahan. Apadaya, jarak emosi yang terlalu lebar membuat keduanya harus berpisah di tahun ketiga usia pernikahan mereka. Dengan peraturan yang sederhana “Semua asset dibagi dua”.

Sang Min menyadari ada sesuatu yang hilang di dirinya, sesuatu yang membuatnya sangat terganggu bahkan tidak enak tidur. Dan ketika Sang Min menyadari kalau sesuatu itu adalah pendulum jam yang dibelinya di Eropa, Sang Min pun lantas terobsesi untuk mendapatkan barang itu kembali yang notabene telah berada di tangan Jin Ah atas dasar perjanjian mereka waktu berceraii. Berbagai cara pun dilakukan Sang Min untuk mendapatkan pendulum itu kembali. Dari mulai cara baik-baik sampai masuk ke dalam rumah Jin Ah tanpa permisi. Apadaya dua ekor herder peliharaan Jin Ah menyambut kedatangannya dengan hangat🙂

Jin Ah yang masih memendam luka atas perceraiannya tentu saja sangat bergirang hati ketika mengetahui mantan suaminya itu tidak dapat hidup tenang tanpa pendulum yang dimaksud. Jin Ah menolak memberikan pendulum itu pada Sang Min, alhasil Sang Min yang selalu merecokinya pun berhasil membuyarkan konsentrasi Jin Ah. Kelakuan Sang Min yang sedikit urakan malah membuat Jin Ah harus meninggalkan pekerjaannya. Terutama ketika Jin Ah mendapat kabar kalau Sang Min mengalami kecelakaan di jalan raya. Jin Ah pun tanpa pikir panjang langsung menelusuri setiap rumah sakit demi menemui Sang Min.

Keberangan Jin Ah kepada Sang Min mencapai puncak. Segala yang dikerjakannya selalu berakhir dengan kekacauan dan kegagalan sejak Sang Min kembali menyentuh hidupanya. Jin Ah dan Sang Min yang sama-sama merasa dikacaukan satu sama lain pun bertekad untuk menghabisi lawannya masing-masing.

Endingnya sangat mengharukan. Meski tidak dibuat sedemikian ‘klasik’ tapi inti dari film ini sepertinya ingin menyampaikan pesan khusus pada penontonnya. Cinta tidak bisa berkompromi. Untuk bersatu di bawah satu atap yang namanya pernikahan, modal cinta saja tidak akan cukup. Sebesar apapun cinta itu, ada banyak aspek yang harus diperhatikan kedua pasangan termasuk komunikasi dan pemahaman akan sifat, kebiasaan dan tabiat pasangan masing-masing baik yang positif maupun negatif. Kompromi terhadap hal ini, peng-aminan sejenak hanya akan berhasil kekacauan dan keretakan di atap pernikahan itu sendiri seperti yang dialami oleh Jin Ah dan Sang Min.


The freaking couple



Sang Min, sang profesor dengan kepribadian bipolar



Jin Ah, a time to kill..


Kata “maaf” memang selalu muncul belakangan. Dan penyesalan akan melengkapi luka yang semakin lebar dengan ketidak siapan untuk menerima kenyataan. Well done, film ini sangat menghibur kok🙂 Paket lengkap suatu film komedi yang tak hanya berusaha menampilkan adegan-adegan lucu menggelitik tapi juga dibumbui oleh aksi laga, melodrama dan tentu saja romantisme dari sisi yang berbeda.Secara acting yang cukup mengagetkan adalah Kim Tae Hee. Di sini Tae Hee, dibanding film-filmnya terdahulu, telah mengalami metamorfosis acting yang bisa diacungkan jempol. Dengan tandem Seol Kyung Gu yang sudah makan asam garam di sinema Korea, film ini menjadi semakin worth to watch deh! So then, empat bintang dari saya🙂

Sutradara: Han Ji Seung
Pemain: Kim Tae Hee (Jin Ah), Seol Kyung Gu (Sang Min)
Release: 13 Desember 2007

11 thoughts on “Venus and Mars

  1. pilem keren.. ga nyangka yg maen tae hee (long time no see after harvard n restless)..
    pilem yg lumayan komplit, comedy ga pandang plot tanpa mengurangi inti cerita. kim tae hee juga maen total!

    ????

  2. Beneran ni pilem keren banget, perbedaan karakter yang kuat, membuat kt berpikir harus menerima segala kekurangan dan kelebihan pasangan, scene menurut saya paling kren pd saat adegan kedua2 ny mengacungkan jari tengah di sebuah restoran.

  3. anyong haseo. . .

    umh,, jadi pengen tau filmnya kayak apa karna ada sdikit sich nyangkut2 ama hidup gw, , ,
    dari yang selalu bertengkar ama adik sendiri ampe tonjok2kn tetep aza kalu pisah 2jam rasanya ada yang kurang gimana gitu, , ,

    mungkin dgn kehilangan sesuatu baru kita sadari kalu hal yang slalu berada di dekat kita adalah sesuatu yang paling berharga. . .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s