Bichunmoo


Yun Jinhae dan Sullie adalah teman sejak kecil. Sullie yang merupakan anak seorang selir jendral mongol pertama kali bertemu Yun Jinhae ketika Yun Jinhae menyelamatkannya dari kejaran seekor serigala di hutan. Sejak itu kedua bocah ini selalu bersama dan ketika menginjak usia remaja keduanya pun sama-sama jatuh cinta.

Nasib memisahkan mereka ketika Sullie diboyong ayahnya ke istana. Yun Jinhae yang masih dalam tahap pendidikan kitab bichunmoo yang sangat keramat dan menjadi incaran para penguasa saat itu terpaksa harus berpisah dari kekasihnya. Meskipun berat hati, keduanya berjanji akan bertemu di sebuah kuil setiap malam bulan pertama. Tapi Yun Jinjahae tak pernah muncul. Penantian demi penantian yang melelahkan dilakoni Sullie sampai akhirnya putera mahkota raja Namgung (bangsa Han) meminangnya.

Yun Jinhae yang baru saja kehilangan gurunya dan mengetahui jati dirinya yang sebenarnya memutuskan untuk berangkat ke kota demi membalaskan dendam. Secara tak sengaja Yun Jinhae bertemu dengan seorang pria ningrat yang membantunya dari serangan bandit-bandit pengejar kitab bichunmoo. Yun Jinhae dan pria ningrat itupun menjalin persahabatan dan berjanji akan bertemu lagi kelak.

Betapa terkejutnya Yun Jinhae mendapatkan kabar tentang pernikahan Sullie dengan putera mahkota raja Namgung. Dengan hati yang luka dan perih Yun Jinhae mencoba merelakan Sullie namun nasib cinta mereka tak terputus sampai di sini. Tanpa sengaja Yun Jinhae dipertemukan nasib dengan kekasihnya Sullie dan dengan bantuan abang tiri Sullie sepasang anak muda dimabuk cinta ini berencana untuk melarikan diri.

Sebuah malam romantis yang diterangi sinar rembulan mereka habiskan bersama. Kerinduan yang bertahun-tahun tertahan akhirnya dapat dilepaskan. Namun sayang keesokan harinya mereka berhasil ditemukan oleh sang jendral ayahanda Sullie, Sullie dibawa pulang dengan paksa dan Yun Jinhae pun mengalami cidera yang parah. Karena mengiri kekasihnya Yun Jinhae telah meninggal dunia, Sullie yang putus asa akhirnya menerima pinangan putera mahkota raja Namgung. Sullie melahirkan seorang putera yang sehat yang diberi nama Namgung Sung.

Beberapa tahun berlalu, seorang pimpinan pendekar bernama Jahalang bersama sepuluh orang anggotanya menyerang kediaman istana putera mahkota raja Namgung. Alangkah kagetnya SUllie ketika bertemu langsung dengan Jahalang dan mengetahui kalau pria bengis itu tak lain adalah kekasihnya.. Yun Jinhae.

Bagaimana akhir cerita cinta Sullie dan Yun Jinhae? Apakah keduanya kelak akan bersatu ataukah akan terpisah kembali oleh nasib yang mengombang-ambingkan hidup mereka? Bagaimana pula dengan kitab bichunmoo yang selama ini diperebutkan? Siapakah akhirnya yang berhasil memiliki kitab sakti tersebut?

Sejatinya memang film ini diadaptasi dari komik dengan judul yang sama. Namun ternyata dalam perjalanan pembuatannya ke layar kaca, cerita yang disusun tidak otentik menyerupai naskah asli dari komik itu sendiri. Meski demikian, film dengan budget terbesar pada masa itu, sempat bertahan menduduki top 5 box office movie di negeri asalnya.

Secara jalan cerita yang klasik tidak banyak kesan special yang saya tangkap. Kisah cinta dua anak manusia yang berbeda derajat dan dipisahkan oleh permainan nasib memang sudah seperti menjadi pakem film dan serial drama Korea di era itu. Yang menarik justru sedikit fakta dan informasi sejarah yang coba diangkat dalam film ini. Bagaimana dulu bangsa Han, Mongol dan Goguryo saling terpecah belah dan saling menjatuhkan untuk menjadi penguasa tunggal di bumi Korea dapat dilihat di sini. Berbagai cara akan mereka lakukan termasuk mengejar kesaktian melalui pertapaan dan pendalaman ilmu-ilmu beladiri yang aneh, yang salah satunya dalah diungkap di kitab bichunmoo ini. Simpang siur memang kalau saya cross check lagi dengan informasi sejarah yang diketengahkan di film atau serial lain. Tapi kebesaran bangsa Mongol, bangsa Han maupun Goguryo dahulu sebagai bangsa yang merdeka mempunyai kharakteristik masing-masing yang sama kuatnya.

Bagi anda yang menyukai film-film lama bergenre sama, mungkin boleh juga deh melirik film ini. Bagi yang sudah pernah menontonnya di salah satu televisi swasta Indonesia juga gak ada salahnya mengulang kembali, dengan bahasa asli dan padu padan background musiknya tentu akan membawa anda ke suasana klasik tersendiri. Tiga bintang dari saya.

Sutradara: Kim Young Jun
Pemain: Shin Hyeon Jun (Yun Jinhae), Kim Hee Seon (Sullie), Jin Yeong Jeong (Namgung Junkwang), Jang Dong Jik (Lai)
Release: 1 Juli 2000

One thought on “Bichunmoo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s