Rainbow Eyes [2007]


Cerita dibuka ketika kepolisian Seoul menyelidiki sebuah kasus pembunuhan sadis dengan korban seorang laki-laki bernama Kang Byun. Kang Byun yang ditemukan tewas di rumahnya sendiri dengan puluhan luka tusuk di sekujur tubuhnya, adalah seorang pemilik tempat fitness mewah di kota Seoul.

Dari hasil penemuan awal di lokasi kejadian perkara, polisi berhasil menemukan cairan darah dan cairan tubuh milik laki-laki lain yang mengakibatkan kesimpulan sementara, jika Kang Byun kemungkinan seorang gay karena melakukan hubungan intim dengan laki-laki lain sebelum dia dibunuh oleh laki-laki misterius itu.

Penyelidikan menjadi sedikit rumit ketika polisi mengetahui bahwa Kang Byun memiliki seorang kekasih wanita bernama Jung Mi Sook, dan dari kesaksiannya mengatakan bahwa Kang Byun adalah lelaki normal.

Bukti lain di TKP diketahui pula jika Kang Byun memiliki seorang teman pria yang cukup dekat dengannya, bernama Baek. Baek awalnya mengaku bahwa dia dan Kang Byun hanyalah teman biasa sampai akhirnya Baek tertangkap basah sedang tidur bersama pria lain oleh polisi, padahal sebelumnya Jung Mi Sook yang diawasi polisi diketahui memiliki affair dengan baek. Ketika bukti cairan darah itu bukan milik baek, polisi hampir menemui jalan buntu sampai beberapa hari kemudian, Baek juga ditemukan mati dengan cara yang sama dengan Kang Byun.

So, siapa sebenarnya dalang pembunuh berantai itu? mari kita selidiki lebih lanjut..

Akhirnya polisi menyelidiki latar belakang kedua orang tadi dan menemukan kesamaan dari keduanya. Mereka pernah berada dalam satu kesatuan ketika mereka melaksanakan wajib militer dan dalam waktu yang bersamaan mereka dipindah tugaskan ketempat lain, padahal masa tugasnya tinggal beberapa minggu lagi. Entah kasus apa yang menimpa mereka.

Adalah Kyung Yoon, seorang detektif muda yang ikut menyelidiki kasus pembunuhan berantai yang jarang terjadi ini. Ia bersama partnernya Park Eun Ju awalnya menganggap bahwa pembunuh berantai itu adalah orang yang terkait dengan kasus yang pernah para korban pembunuhan itu alami ketika mereka melaksanakan Wamil mereka, dahulu. Sehingga ketika kepolisian menemukan bahwa ada satu orang lagi yang ikut terlibat dalam kasus tersebut dan dikhawatirkan akan mengalami nasib serupa dengan kedua korban sebelumnya, polisi berupaya mengawasi orang itu, tanpa diduga orang yang dimaksud tetap mati terbunuh.

On the other hand, kasus pembunuhan tersebut sebenarnya amat terkait erat dengan masa lalu Kyun Yoon yang memiliki rahasia kecil yang amat membuatnya resah hingga kini. Sampai ketika kasus ini muncul dan membuat masa lalunya kembali terkuak, dan bukan hanya pihak kepolisian saja yang dibuat terkejut, namun Kyun Yoon juga tidak menyangka akan berakhir seperti itu.

Terlepas dari film ini yang mau tidak mau akan mengingatkan kita pada film-film serupa produksi Hollywood (baik movie atau serial), saya tetap salut buat naskah cerita yang ter-twist dengan cerdas dan teka-teki yang di susun dengan rapihnya. Bagaimanapun, film Korea ini tetap memunculkan ciri khasnya karena kita bisa menemukan issue wajib militer hingga bedah plastik.

Di ini juga, penonton akan diajak berpetualang dengan pengenalan tokoh-tokoh yang membuat penonton berkesimpulan bahwa mereka telah menebak pelaku pembunuhnya, sampai kemudian muncul tokoh berikutnya yang mematahkan tebakan mereka, jangankan penonton, polisi dan Kyun Yoon sendiri tidak mengetahui siapa pelaku pembunuhan sebenarnya dari 2 pembunuhan sebelumnya. Teka-teki itu terjawab di scene akhir, paling akhir. 4 bintang untuk jalan cerita dan plot yang dibuat, dan very recommended to watch. [Tatz]

Cast:
Kim Gang-Woo | Kim Min-Seon | Lee Soo-Kyung
Running time: 99mins
Directed:Yang Yun-Ho

rating 17++

8 thoughts on “Rainbow Eyes [2007]

  1. Pingback: sinemakorea » Blog Archive » Marine Boy (2009)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s