Ngobrol-Antara Kim Sam Soon & Song Sam Soon


Masih pada inget gak Drama korea My Name is Kim Sam Soon

Drama Korea yang tayang di MBC sekitar musim semi tahun 2005 itu sukses menjadi Drama terbaik versi Baeksang award ke 42 [2006] serta menjadi drama terpopuler karena ratingnya hingga mencapai 53 % !. Selain jalan ceritanya yang tidak menye-menye, Drama ini konon populer karena berhasil mendobrak stereotype wanita-wanita Korea pada umumnya, karena di ceritakan bahwa Kim Sam Soon itu adalah seorang wanita single di usia [yang sudah] 30 tahunan dan tidak langsing pula.

Selain itu nama Kim Sam Soon-konon kabarnya menurut orang Korea termasuk kedalam kategori nama-nama ndeso’ tapi toh terbukti dia berhasil menggaet seorang pria tampan [setengah mati!] dua tahun lebih muda dan seorang pemilik restoran mewah [impian setiap wanita banget kan?].

Mungkin buat orang asing macam kita-kita, nama Kim Sam Soon pasti gak keliatan beda sama nama Park Ye Jin, atau Kim Tae Hee, atau nama-nama korea dengan tiga suku kata lainya. Tapi menurut masyarakat korea, nama-nama yang mengandung kata ‘soon’ ternyata adalah nama-nama old school. Nama itu juga kabarnya banyak ditemui pada orang-orang yang lahir di era 40-50’an, sehingga jika nama itu digunakan untuk orang-orang yang lahir di era-era lebih sekarang, maka nama mereka tergolong kampungan. Setidaknya ini yang disampaikan oleh Sonsaengnim [guru] saya, ketika menjelaskan perihal namanya yang kebetulan bernama “Song Sam Soon”.

Mungkin jika di Indonesia, akan mirip seperti nama-nama Ngatiyem, atau Payinem yang mungkin masuk kedalam jajaran nama-nama berbau ndeso, karena nama-nama tersebut sudah sangat jarang sekali dipakai pada generasi-generasi sekarang, jikapun ada, maka nasibnya akan seperti Kim Sam Soon atau Sonsaengnim saya dulu, ketika mereka bersekolah, karena tak jarang mereka ditertawakan oleh teman-teman sebayanya akibat nama mereka yang ndeso’ itu. Sonsaengnim saya sempat ngambek [sama seperti Kim Sam Soon] dan ingin menganti namanya ketika dia remaja, tapi sekarang Sonsaengnim saya justru bangga akan namanya yang unik. Setiap orang-orang yang baru berkenalan dengan Sonsaengnim saya [dan tentunya orang korea] lalu mengatakan betapa ndesonya nama dia, maka Sonsaengnim saya hanya mengangkat bahunya dengan cuek dan berkata ‘kwencana’ [gak apa-apa/biarin], Jadi mengutip kata-kata Shakespeare “apalah arti sebuah nama”.

Tapi kita harus bersukur juga karena tidak dilahirkan sebagai suku Indian [native Americans], salah-salah kita bakal dinamai cakar beruang atau gagak hitam. Yang itu sih masih terdengar keren, gimana kalau kita dinamai cacing kermi, atau bebek kayang?..hehehe..pasti jadi pengen ganti kan…=)

Have aGreat DAys all!

.::Tatz::.

14 thoughts on “Ngobrol-Antara Kim Sam Soon & Song Sam Soon

  1. Wah makacih banget dengan storynya jadi membuat aku nyambung degan jalan cerita my nama is kim sam son secara di drama ini ada scenes dia ingin mengganti namanya sampai ke kantor pemerintahan yg ngurus hal2 tsb. Waktu nontonya kayaknya lebai deh tapi sekarang jadi maklum^_^

  2. Highly recommendd drama..dr eps.1 bkn aku ngakak pas di toilet itu haha gak prnh lupa trus eps.trkhr swktu hyun bin beli…di alfamart ato indomart ya haha.. Lucu..trus lagu jadul yg ska dnyanyiin sam soon lucu bngt..hidup kim sun ah..yg kya gni nih yg bnr2 menghbur tp kualits bgs g heran ratingnya tinggi..kpn ada lg yg ky gini ya..( tnya bntr drama bru kim sun ah ma lee dong gun bgs jg gak teh? )..

  3. @always, sama2 ^^

    @gongchan, SETUJU!…drama terbarunya KSA sama LDG when it at night seru kok..lumayan, baru running 2 1/2 episode kebetulan..hihihi..

  4. Tatz..
    frozen flower udah ada tuh di lapak2
    tapi kyaaaaaaaaaaa hwwwwaaa
    apa yang terjadi ma In Sung ya?
    nggak rela banget

  5. heheheh.. takut di pecat ya bu..
    ichal kemana sih tatz… masih di negeri imppian itu?
    atau dah melalang buana kt4 lainnya lagi?

  6. wah… ketingalan banget gua. belum nonton nih film. tp dari dulu emang sudah cari tapi sekarang kayaknya akan makin gencar nyarinya di lapak-lapak bajakan. doakan aku yah semoga aku dapat…. karena film ini juga udah jadul banget kan.

  7. @aliya…wakakaka..di gaji aja kagak, berani maen pecat..ichal udah balik ke medan PTT-nya dah kelar, kemarin sih sempet ke jkt, tapi cm 1 hari aja, bis itu doi pulang kampung..

    @arti. cross finger to u, gud luck! hwaiting!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s