The Good, The Bad and The Weird (2008)


One map. Three villains. Winner takes all


Film yang rilis perdananya di Festival Film bergengsi kelas dunia, Cannes Film Festival tanggal 24 Mei 2008 dan baru kemudian di putar di negaranya sendiri 17 Juli ini di sebut-sebut sebagai film terbaik sepanjang tahun 2008 di Korea. Apalagi film ini berhasil menyabet 3 nominasi dari 3 ajang festival film kelas dunia yang berbeda, yaitu Best Director (Kim Ji Woon) di Catalonian International Film Festival, Best Supporting Actor (Jung Woo Sung), dan Achievement in Cinematography (Lee Mogae) di Asia Pasific Award. Kim Ji Woon sendiri adalah sutradara yang juga menyutradari film horor terkenal Tales of Two sister yang di remake ulang oleh Hollywood dengan judul The Uninvited.

Film The Good The Bad and The Weird berkisah tentang  kekacauan di jaman peperangan dunia II (atau jaman koboi yah? hehehe) tahun 1930 di padang gurun Manchuria (daerah perbatasan China dengan Rusia), ketika sebuah peta harta karun rahasia tiba-tiba hilang dari pasar gelap (black market) dan di sinyalir di bawa oleh petinggi dari Jepang.

Adalah Park Chang-yi (Lee Byung Hun), seorang bandit berdarah dingin yang di tugaskan oleh seorang pejabat negara Korea ‘kotor’ untuk mencari peta harta karun tersebut. Untuk itu ia harus menyabotase sebuah kereta api yang di dalamnya terdapat pejabat dari Jepang yang membawa peta yang di maksud. Tak di sangka seorang perampok, Yoon Tae Gu (Song Kang Hoo) malah tanpa sengaja lebih dahulu mendapatkan peta harta karun yang awalnya ia sendiripun tak tahu bahwa salah satu barang-barang yang ia rampok adalah peta harta karun yang sangat berharga. Si perampok yang (saya fikir) sering ketiban kebetulan yang selalu menguntungkannya ini juga akhirnya di buru oleh Park Do Woon (Jung Woo Sung), seorang pemburu penjahat yang justru di tugaskan oleh pemerintah Korea untuk mengamankan peta harta karun tersebut. Adegan tembak-menembakpun tak terelakan sementara Tae Gu menjadi sasaran keduanya.

Belum lagi pihak bandit lain dari Manchuria (china mongol) yang juga sudah mengendus keberadaan peta harta karun di tangan Tae Gu. Sehingga kemanapun Tae Gu pergi, mereka pasti mengejarnya hingga Tae Gu kehilangan sahabat dekatnya. Pernah satu saat Do Woon berhasil menangkap Tae Gu namun tak lama Tae Gu berhasil lolos. Pun ketika ia di tangkap oleh pihak yang lain. Keberuntungan selalu ada dalam genggaman Tae Gu. Karena dirasa kepalang tanggung, akhirnya ia mengejar lokasi harta karun tersebut yang tentunya di bayang-bayangi oleh yang pihak-pihak yang menginginkan peta tersebut juga hingga terjadi kekacauan massal dengan satu tujuan, merebut peta harta karun dari Tae Gu.

Berhasilkah upaya Tae Gu untuk mendapatkan harta karun itu? apa sebenarnya harta karun yang di maksud?

Scene paling keren menurut saya adalah scene kereta api, dimana Chang Yi tiba-tiba menghadang sebuah kereta api (errr, aga’ absurd memang kedengarannya secara ini bukan film super hero) lengkap dengan music score yang ala meksiko (trompet, dan petikan gitarnya yang khas)  lalu upaya saling menembak antara ketiga tokoh sentral di dalamnya.

Dengan plot cerita yang sebenarnya sederhana, yaitu rebutan peta harta karun, maka scene-scene yang banyak terjadi adalah scene-scene baku tembak, kejar-kejaran, tembak-tembakan lagi. Walaupun dari segi pengambilan gambar memang keren sekali.

Scene kejar-kejaran yang terakhir (yang menurut saya lagi-lagi absurd) di mana pasukan kuda mengejar mobil jeep, lalu bom mortir di kanan kiri aga’ mengaburkan latar belakang film ini (jaman koboi apa jaman perang), dan juga menjadi scene kejar-kejaran dengan durasi paling lama (sempet ketiduran-hehehe).

Overall, salut dengan tokoh Tae Gu yang bermain cemerlang, angle gambar yang sempurna, music score yang pas plus kostumnya yang keren. 4 bintang!

Cast:

# Song Kang-ho … Yoon Tae-goo, the Weird
# Lee Byung-hun … Park Chang-yi, the Bad
# Jung Woo-sung … Park Do-won, the Good
# Director:Kim Ji Woon

Running time:  139 min.
Country     South Korea

5 thoughts on “The Good, The Bad and The Weird (2008)

  1. Hi mbak tatz..
    Indosiar ada film baru tuh yang judulnya DAYS WITHIN…
    kira-kira seru ga ya?
    Oia, bannernya ganti ya
    Wuih… joo ji hoon nya ganteng

    • @Rizki, Judulnya “World With In”, gak terlalu bagus dan ratingnya juga jeblok.

      Iyaa bannernya ganti ^_^ *akhirnya ada yg ngeh-hahahaha* …cakeep yaaa Ji hoon Oppanya…hihihihi..*ganjen*

  2. wah neh,, pelm emg seru ea,, kata empuhna sinemakorea bilang pelm terbaik spanjang 2008 d min guk,, tapi ko dari cover jadul bgt ea, biasa za
    tapi klo kata na bgs, coba dah nti saia cari pelm nya hehehe

  3. beneran bakalan ada itazurana kiss versi korea?
    ak pnggemar berat dorama ini loch.
    ak brharap yg jd naoki ma kotoko sama bagus na.
    cz naoki ma kotoko maen na cocok bgtz

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s