Movie: Why did you Come to my House? (2008)


Keknya Kang Hye Jong emang lebih tertarik berlakon (halah berlakon..hehehe) di film-film dengan genre ‘ajaib’ Sejak saya pertama liat aksinya di ‘Welcome to Dongmageol’ yang superb! (bagus ^^) dan mengaru-biru di ending, hingga film gak jelas macam ‘Rules of dating’, serta Korean Best movie ‘Old Boy’ Selalu ada yang baru yang di tampilkan si calon istri rapper Korea, Tablo ini. Kek salah satunya, film terbarunya yang berjudul ‘Why did you come to my house?” (awas ketuker sama serial drama dengan judul yg sama).

Karena ga’ dapet spoiler dari siapa-siapa serta gak berminat baca sinopsis dari cover belakang DVDnya, saya awalnya nyangka kalo film ini film biasa dengan alur cerita yang mudah di tebak dan sedikit di bumbui komedi (sang cewe’ dateng ketempat cowo lama-lama mereka saling suka dan happy ending)..tapii..ternyata pas di tonton… tebakan saya melenceng….cukup jauh malah.

Ceritanya sendiri bergaya flash back, dimana Kim Byeong-hee (Park Hee-soon) seorang pria dengan gangguan depresi berat akibat di tinggalkan istrinya dengan cara tragis harus menceritakan ulang di kantor polisi dari mana ia bertemu Lee Soo-kang (Kang Hye-jeong) seorang gadis tuna wisma dan sedikit ‘gila’ . Karena Lee Soo Kang di temukan telah menjadi mayat di sebuah green house. Dan dari situlah cerita ini bergulir.

Soo Kang yg menyandera Byeong hee karena takut  bunuh diri lagi

Pada awalnya, Kim Byeong hee merupakan seorang yang sukses dan bahagia. Istri yang cantik, Karir yang brilian, dan sebentar lagi bakal memiliki seorang anak. Tapi pada suatu hari yang naas segala kebahagiaan yang ia raih runtuh dengan cara memilukan. Istrinya di bunuh oleh seseorang tak di kenal tepat di depan halaman rumahnya. Sejak itu sedikit demi sedikit kehidupannya berantakan. Halusinasi terus menghantui hidupnya. Berkali-kali pula ia berupaya untuk mengakhiri hidupnya dengan mengikuti sekte-sekte bunuh diri tapi selalu saja gagal. Hingga pada suatu waktu, ketika Kim Byeong hee melakukan aksi bunuh dirinya untuk kesekian kali dengan cara gantung diri, upayanya hampir berhasil kalau saja seorang gadis tuna wisma aneh tidak tiba-tiba nyelonong masuk ke rumahnya dan menggagalkan upayanya itu.

Kang Hye-jeong as the freak girl, Soo Kang

Gadis aneh tadi adalah Lee Soo-kang. Seorang gadis yatim piatu yang kini menjadi tuna wisma dan terlunta-lunta akibat terus menerus mengejar cinta pertamanya sejak di bangku SMU, Park Ji Min (Seung Ri Big Bang). Soo Kang yang cintanya (pada akhirnya) di tolak oleh Ji Min karena malu berhubungan dengan cewe’ aneh ini tetap  tak putus asa mendekati Ji Min. Awalnya ketika Ji Min duduk di bangku SMP dan Soo Kang di SMU, cinta mereka terjalin. Namun beranjak SMU, Ji Min lama kelamaan malu terhadap teman-teman barunya.  Hingga Ji Min memutuskan untuk pindah sekolah namun terus-menerus di buntuti oleh Soo Kang.

Seung Ri as Ji Min

Kedatangannya ke rumah Byeong Hee juga karena kebetulan apartemen Ji Min sangat terlihat jelas dari rumah Byeong Hee, dan Soo Kang berniat mengawasi Ji Min untuk kemudian melakukan rencana penyulikan pada anak muda tadi. Awalnya karena Soo Kang takut Byeong Hee akan bunuh diri kembali, maka Soo Kang mengikat Byeong Hee dan terus mengawasinya (ironis banget, di sekap di rumahnya sendiri), tapi lama kelamaan karena toh perempuan aneh di hadapannya tidak berbahaya, akhirnya Byeong Hee malah membantu Soo Kang dengan memasang cctv di apartemen Ji Min.

Sampai di sini, urusan menjadi lebih runyam karena tenyata Soo Kang malah menolong Ji Min (thanks to cctv) yang hampir mati terbakar di dalam apartemennya. Ketika sadar, Ji Min tetap marah dan memaki-maki Soo Kang untuk berhenti mengejarnya. Karena hal itulah Soo Kang naik pitam dan berusaha mengubur Ji Min tepat seperti rencana awalnya. Tapi karena dialog-dialog panjang dari Byeong Hee, akhirnya Ji Min urung di kubur Soo Kang hidup-hidup. Malahan mereka bertiga di bawa ke kantor polisi. Byeong Hee segera di lepaskan setelah itu, Ji Min di bawa ke rumah sakit, dan Soo Kang tetap tinggal di kantor polisi karena memiliki catatan kriminal. Sejak itu, Byeong Hee tidak pernah bertemu Soo Kang, hingga terakhir kali polisi menangkap dan menginterogasinya atas kematian Soo Kang.

Kalo saya bilang sih, film ini rada absurd tapi kesedihan ceritanya terpancar jelas.  Kalo hancinema.net bilang, film ini bergenre comedy, saya sih gak setuju, secara 2 tokoh utama di dalamnya memiliki gangguan jiwa akibat sebab yang berbeda (dan sangat di maklumi sekali). Sehingga, monolog-demi monolog yang di ceritakan oleh kedua tokoh utamanya secara bergantian membuka 2 sisi sudut padang yang berbeda yang kadang membuat penonton (terutama saya) sedikit bingung.

Well, bagus ato gak bagus, balik lagi sama pemahaman si penonton. Kalo menurut saya sih, lumayann deh, terutama ide cerita yang orisinil dan rada freak tadi.

Sutradara: Hwang Soo-ah
Pemain: Kang Hye-jeong (Lee Soo-kang), Park Hee-soon (Kim Byeong-hee), Seung Ri (Park Ji-min), Lee David (Ji-min SMP)
Release date in South Korea : 2009/04/09

Credit: Hancinema

14 thoughts on “Movie: Why did you Come to my House? (2008)

  1. kalo menurut aku, ngebosenin sih engga’ tapi nonton film ini cukup bikin depresi, jadi abis nonton ini aku langsung nonton film lucu biar netralin…hahaha film yg nyusahin emang.

  2. iya..bikin depresi dan nyusahin..makanya ngebosenin..nyesel juga dah nonton soalnya, diliat dari judul dan cover bakal jadi komedi romatis gak taunya.. hiks..hiks..
    *depresi..*

  3. he em,
    bener banget,,aku ketipu ma covernya.
    kirain bakalan lucu filemnya, eh ternyata malah GeJe,,
    abis ceritanya tentang orang2 gag normal gitu sih..
    Hhe..

  4. jujur… belom pernah nonton film ini…n’ melihat comen2 di atas jadi gak jadi nonton dech.. kayaknya bukan genre film yang bisa ditonton sehabis ujian tengah semester di sekolah yang memusingkan itu ya??? hehehe….😦🙂

  5. pas pinjem ke temen kyk nya rame, pas ditonton yaa…………..garing banget ceritanya, baru awal aja da bosen jadi langsung dimatiin ganti film yg lain yg lebi asik

  6. Ceritanya sangat ‘mengerikan’ (maksudnya, mengerikan sedihnya)!
    Walaupun sad-ending, tapi bener” mengharukan!
    4,5 bintang lah! Hehe…

  7. Penasaran jg siiiih ma flimnya…
    sbnrnya si blm pernah nonton,bru ja nii bca sinopsisnya.
    tp, kykx flmnya gk rame bgt. tp, msh penasaran ja ma alur ceritax…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s