On Air (2008)


Satu lagi serial Korea yang berlatar belakang profesi yang tayang tahun lalu di channel SBS, On Air. Selain di perankan oleh aktor dan artis senior seperti Lee Bum Soo, Kim Ha Neul, Park Yong Ha (omg!) dan Song Yun ah (masih ingat serial keren, hotelier dengan Bae Yong Jun sebagai eye candy?), serial ini juga banyak bertaburan aktor dan artis lain sebagai cameo, mulai dari Lee hyori, Kim Jung Eun, Kang Hye Jung, FT Island dan lain-lain.
On Air bercerita seputar dunia broadcasting khususnya hiruk pikuk kesibukan pembuatan sebuah serial drama untuk di siarkan di televisi. Dari mulai memilih sutradara, penulis cerita, artis dan aktor pemainnya, hingga kisruh dan masalah di balik layar yang mewarnai pembuatan serial tersebut.

Kalau menurut saya, serial ini cukup spesial dan menarik, karena memiliki empat tokoh sentral yang saling terkait dan porsi masing-masing berimbang dalam cerita.

Adalah Jang Ki Jun (Lee Bum Soo), seorang manajer artis yang sudah cukup lama berkiprah di bidang tersebut. Awalnya Ki Jun adalah seorang manajer artis yang sukses dan cukup banyak memoles artis-artis hingga menjadi artis papan atas. Tapi roda kehidupan berputar hingga Ki Jun kini berada di titik bawah karirnya dan hanya memiliki artis-artis baru yang belum banyak di kenal. Hal ini terjadi juga karena banyak perusahaan menejer-menejer artis lain yang tumbuh dan berkembang sehingga banyak artis-artis Ki Jun memilih untuk pindah dari perusahaannya. Karir dan kisah cinta Ki Jun bakal berubah ketika tiba-tiba seorang artis cantik yang namanya sedang melambung memutuskan untuk di menejeri perusahaan Ki Jun yang hampir bangkrut.

Artis itu adalah Oh Seung Ah (Kim Ha Neul). Artis muda dan cantik tapi memiliki perangai yang sangat menjengkelan serta sombong. Di sini kita bakal melihat akting Kin Ha Neul yang sedikit berbeda dari film dan serial-serialnya sebelumnya. Oh Seung Ah adalah gadis yatim piatu yang sukses meniti karir di dunia  keartisan. Meski kadang dicap memiliki kualitas akting yang masih belum memadai, tapi nyatanya jadwal artis congkak ini cukup penuh. Mulai dari tawaran serial sampai dengan CF (Commercial Film) sering sekali mampir padanya.  Seung Ah tidak semata-mata secara random pindah ke perusahaan Ki Jun yang hampir bangkrut, tapi dia memiliki alasan khusus yang bakal merubah hidupnya, nanti.

Lalu tokoh sentral kita yang ketiga adalah Lee Kyung Min (Park Yong Ha). Seorang sutradara junior yang memiliki perangai dingin serta sedikit frustasi pada latar belakang keluarganya yang miskin. Kyung Min bekerja pada sebuah stasiun televisi SBC sebagai co-sutradara untuk serial-serial televisi yang sering di produksi SBC. Suatu kali atasanya kembali memintanya untuk mendampingi sutradara utama untuk membuat proyek serial baru, tapi karena suatu hal akhrinya atasannya malah memintanya untuk menjadi sutradara utama dan  bertanggung jawab pada keseluruhan produksi, terutama dalam pencarian penulis naskah. Sebenarnya sudah di sepakati dari awal, Kyung Min bakal mengarap ulang sebuah naskah dengan judul ‘Tiket to the Moon’ yang pernah gagal di pasaran.  Sayangnya ketika di konfirmasi pada penulis naskah Tiket to the Moon, ia menolak mentah-mentah untuk menggarap ulang naskah lamanya itu.

Penulis naskah itu adalah Seo Young Eun (Song Yoon Ah). Seorang single mother beranak satu. Memiliki berperangai ceria dan spontan, kadang jutek tapi  baik hati  (saya sendiri paling suka sama tokoh Yong Eun yang sering bikin ngakak gara-gara tingkahnya). Bekerja sebagai script writter  di sebuah production house yang cukup dikenal namanya karena telah menelurkan drama-drama dengan rating yang cukup tinggi. Young Eun awalnya memang menolak mentah-mentah untuk menggarap ulang naskah lamanya itu, hingga Kyung Min harus rela pergi ke Taiwan (karena Yong Eun tiba-tiba memutuskan untuk liburan ke sana) untuk membujuk Yong Eun agar mau bekerjasama dengan SBC terutama dengannya. Walau di warnai aksi pertengkaran dan saling melontarkan kata-kata pedas (hingga adegan tenggelam) akhirnya Yong Eun setuju juga untuk bekerja sama dengan Kyung Min, seorang sutradara junior yang bakal menggarap serial ‘Tiket to the Moon’ bersamanya.

Akhirnya bekerja-samalah mereka berdua untuk membuat proyek serial ‘Tiket to the Moon’ agar dapat teralisasi. Mulai dari pembuatan tema cerita cerita, penokohan hingga pemilihan artis dan aktor yang bakal membintangi serial tersebut. Maka kisah On Air pun bergulir, seorang script writer yang sukses dengan seorang sutradara pemula yang menggarap serial televisi serta bakal menjadi serial debutannya  di bidang sutradara. Oh Seung Ah pun terpilih untuk membintangi serial ini. Tapi bukan perkara gampang ternyata menyatukan Seo Yong Eun dengan Oh Seung Ah, karena mereka masing-masing memiliki ego yang tinggi hingga sering sekali menyulut pertengkaran di antara kedua perempuan itu.

Permusuhan antara scrip writer dan artisnya

Belum lagi perusahaan menejer artis sebelumnya yang pernah memenejeri Oh Seung Ah, SW Entertainment yang bakal terus menerus menjadi batu sandungan terhadap kelancaran proyek serial ‘Tiket to the Moon’ tersebut.

Mulai dari masalah pendanaan produksi, perebutan tokoh utama, naik turunnya rating di setiap penayangan,  serial  pesaing yang tayang bersamaan waktunya di televisi lain, perubahan naskah karena desakan dari pihak lain, hingga skandal artis dan pencemaran nama baik, kerap kali timbul akibat ulah  SW Entertainment. Puncaknya ketika SW Entertainment di banned (dilarang tampil) oleh SBC hingga seluruh artis yang bernaung di bawah SW tidak ga’ bisa lagi wara wiri di stasiun televisi tersebut, padalah ada salah satu artisnya yang menjadi salah satu artis utama di serial ‘Tiket to the Moon’.
But show mush go on, dan Kyung Min, Yong Eung, Seung ah serta menejernya, Ki joon jungkir balik mati-matian mempertahankan kelancaran produksi serta kesuksesan proyek serial televisi yang mereka garap dengan segala cara.

Selain masalah dalam pekerjaan, kisah pribadi di antara ke empat tokoh sentral itu ga’ luput dibahas, dan bagaimana perlahan-lahan dari kebersamaan membuahkan benih cinta di antara mereka. Tapi sama halnya dengan proyek serial yang mereka garap, kisah cinta merekapun banyak di warnai permasalahan. Mulai dari penyangkalan terhadap diri sendiri, perbedaan status, serta orang ketiga yang menghalangi mulusnya perjalanan cinta mereka.

Saya seneng banget ternyata love attraction yang terjalin adalah sutradara dengan penulis naskah, serta artis dengan menejernya.  Ga’ banyak memang scene-scene romantis di serial On Air, tapi hanya dengan tatapan, senyuman, serta cara mereka memperlakukan pasangannya (eh, ada adegan kissing sedikit deng hehehe) bikin On Air menurut saya sangat romantis. Dari On Air juga kita bisa jadi lebih tahu gimana susahnya menggarap sebuah serial drama, masalah-masalah yang timbul di dalamnya, serta apa aja langkah-langkah yang di lakukan dalam penggarapan serial yang ternyata gak segampang yang dibayangin.

Di Korea sendiri, serial On Air mampu menembus rating 27% (cukup tinggi untuk sebuah serial) di episode terakhir penayangannya. Akibatnya masing-masing lead actressnya, Kim Ha Neul dan Song Yoon Ah di anugrahi Female Top Excellence Award di acara tahunan SBS award 2008, serta pacar baru saya lead actor, Park Yong Ha di anugrahi  Male Lead Award – Special Drama di acara yang sama.

Details drama:

Title: On Air
Genre: Romance
Episodes: 21
Broadcast network: SBS
Broadcast period: 2008-March-5 to 2008-May-15
Air time: Wednesdays & Thursdays 21:55 (9:55 Korean time)

pics: hancinema.net

28 thoughts on “On Air (2008)

  1. Hmm..dulu di KBS ada World Within, tentang dunia broadcasting juga. Tapi kurang menggigit sih ceritanya, padahal pemainnya udah terkenal semua ^^;;

    Pengen coba nonton yang ini jg, tapi di kabel cuma ada channel KBS World aja T_T
    Dan gw males beli DVDnya ^^;;

  2. padahal dulu pernah di pinjemin temen dvdnya tapi rada males karena ceritanya rada2 mirip sama WW yang ngebosenin tapi berhubung ada pacar barunya tatz disini (ngakunya heheh) jadi pengen ngebajak dvd temen gw lagi

  3. Lum liat sih ni serial,tp dah donlot ost-ny dimana kim ha neul yg nyanyi.
    Lumayan jg sih suarany,secara q jg ngefans kim ha neul dismpg kim sun ah,hehehe

  4. sejauh ini, belom selesai gue tonton
    stuck di episode 6 :p

    alur na di episode-episode awal emang lelet mampus dan ngebosenin seh gue bilang

  5. On air bnr2 bgus lho… Za sprt yg dblng diats,oh seou ya mang bnr2 nyeblin diserial ni, gyany yg sombng bnr2 bkn emosi,apalg klo lg adu mult ma pnulis skrip… Aduuh yg ntn jg pngn iktn ad mlut,.. Tp bgus bgt endngny,. Sfat kras&smbngny seou ya luluh ma cntny sang menjr… Poko’y g’rugi dah klo ntn,.. Bgus bgt kok..

  6. On Air bgs bgd!!! gara2 nonton drama ini,, gue jadi pengen jadi scrip writer..hehe

    asal tau aja,, On Air rilis dan tayang duluan ketimbang Worlds Within. Dan menurut saya,, jauh lebih bagus On Air.

    suka bgd sm scene2 romantis’a yg ga lebay tp kerasa bgd kalo sedang jatuh cinta. hehehe

    OST nya jg OK bgd!

    drama yg patut ditonton.

  7. Hampir semua ost on air gue suka, so far sih ok nih drama + semua cast nya pas. Sempat kesal jg ma sifatnya Oh Seung Ah (berhasil jg kim ha neul onnie meranin artis senga’).
    Patut di tonton nih drama

  8. @ku baru selesai nonton, ceritanya emang lebih bagus di banding WW (Walau pun @ku ngefans banget sama HB), Gw paling suka sama karakternya Song Yoon Ah – Soalnya doi yang bikin drama ini seru karena kebawelannya !

  9. LAgi tayang di O-Channel..Ternyata bagus banget..^^
    Si Scenerist-Kim Eun Suk, menghadirkan ironi dan parodi drama-dramanya (Lovers in PAris, Lovers in Prague n Lovers) dalam On Air. Cerita yang beda, akting yang OK, casting ang pas, pokok e mantappp..

  10. Annyeong ‘on air lovers’ hahaha..
    Sumpaaaahh ni drama keren abiisss.. G perlu pake adegan kissing atw pun yg aneh2 lain y… tapi hanya dengan senyuman dan tatapan mata udah bisa ngebuat drama ini begitu romantis… Persis sama yg d bilang penulis blog ini🙂
    Oya, lagi tayang d o-channel kan ya?? Penasaran bgt nih sama ending y.. Ga sempet jg klo harus hunting dvd.. Ada yg mau share?? Follow my twitter @PrincessEunSu gomawoyo^^

  11. gw suka banget drama on air yang ditayangin di o’chanel krn itu satu-satunya acara tv yang gw tonton trus
    bosen nonton sinetron. gw suka bgt karekter 2 cewek itu kalau dah berantem seru, tapi klo lagi akur jadi lucu

  12. Suka bangettt sama On Air..Ga sabar nunggu2 jam 7 malam buat nonton On Air.. Tapii..kok kehidupan pribadi 4 tokohnya ga banyak di bahas ya… Padahal background ke empatnya kan cukup menarik.. Mis : gimana suka duka jadi single mother,masalah kemiskinan keluarga Sutradara Lee,dll…

  13. Aku sneng bgt sm drama on air, oh iya ada yg tau lagux on air pas seung ah dan jang gi jun lagi b’duaan, yg nyanyi sapa yah judulx ap please kasih tau yah ke email ku bagi2 informasix ya coz aku mau browsing lagux thanks

  14. gw jg suka bgt ama nie acara..
    cos drama’a gak lebay” amat.
    btw gw minta judul lagu on air donk, tp bukan yg one word.

  15. Jujur, gw belum pernah nonton drama bahkan sinetron aja males. Tapi sewaktu iseng2 nyoba nonton drama On Air, gw langsung suka. Alur cerita dan peran tokohnya cukup unik. Selain itu banyak hal2 yg gak diduga. Gw aja hampir berasumsi sutradara Lee bakal jadian sama Seung Ah, eh malah sama si penulis (Se0). Apalagi akting Gi Jun yg bener2 memendam perasaannya sama Seung Ah yg bikin gw geregetan kapan nih orang ngungkapin cintanya. satu hal lagi juga OST-nya bagus n pas bgt. Makanya tiap pulang kantor, gw musti buru2 nonton nih drama. Mantabsss….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s