Beautiful (2008)


Saya selalu ngerasa kalo film-film yang dibuat oleh Kim Ki duk, seorang sutradara Korea yang sering mendapatkan berbagai award baik di dalam dan di luar negeri ini di buat dan di gambarkan dengan aga’ ekstrim dan seringnya mengangkat sisi kejiwaan dari manusia itu sendiri seperti film yang di rilis tahun 2008 berjudul ‘Beautiful’ (Areumdapta). Beautiful sebenarnya di sutradarai oleh Jeon Jae hong, anak didik Kim Ki duk yang mencoba mengangkat karya Kim Ki duk ini ke dalam film.

Film yang bercerita tentang kehidupan seorang perempuan muda yang ditakdirkan lahir dengan paras cantik digambarkan secara ekstrim dan justru membuat penontonnya khususnya wanita, malah bisa bersyukur di anugerahi paras yang biasa-biasa saja oleh Tuhan (setidaknya, saya berfikir seperti itu).

Mengkombinasikan antara obsesi yang kelewat ekstim, sex dan akibat yang ditimbulkan, film ini juga mencoba menangkap fenomena masyarakat urban, di mana selalu gambaran fisik adalah nomor satu dan berfikir bahwa kecantikan dapat melancarkan segala usahanya. Wanita cantik akan selalu beruntung. Tapi Eung yong (Cha Seo yeon) justru merasa bahwa kecantikan yang dianugrahinya sejak lahir, seperti kutukan yang terus menempel di hidupnya. Ia merasa lelah dan teriritasi menghadapi begitu banyak pria yang mencoba mendekatinya bahkan pacar teman dekatnya sendiri menaruh hati padanya.



Kecantikan, berkah atau kutukan?

Jangankan pria, bahkan para wanita selalu memuji kecantikan Eun yong. Banyak pria-pria yang sudah lama menaruh hati bahkan banyak yang menjadi pengagum gelap, hingga pengintai Eun yong yang selalu mengirim berbagai jenis bunga untuk Eun Yong.

Termasuk Seong-min (Kim Min-soo) yang terobsesi setengah mati pada Eun yong. Suatu hari, karena merasa tersinggung bunga yang ia kirimkan di tolak oleh Eun yong, Seong min nekad mendatangi apartemen rumah Eun yong dan berpura -pura sebagai petugas pelayanan gas. Eun yong yang kebetulan tinggal seorang diri di apartemennya (pelajaran pertama: jangan tinggal seorang diri di rumah/apartemen, terutama kalo kamu cantik!) terkejut mendapati bahwa ada seorang pria asing yang mengaku sebagai cinta matinya dan dengan bringas memaksanya tinggal dengannya. Akibatnya, Eun yong malah di perkosa oleh pengagum gelapnya sendiri.

Pengagum gelap yang berubah menjadi pemerkosa itu tetap merasa bahwa ia melakukan hal terkutuk itu akibat Eun yong yang terlalu cantik, dan kecantikannya telah memperkosa (jiwa)nya. Setelah kejadian itu, Seong min menyerahkan diri pada polisi beserta barang-barang bukti yang ia buat. Yups, setelah ia memfoto Eun yong yang tergeletak setelah ia perkosa, meninggalkan ID dan no. hpnya di rumah eun yong secara sengaja (sakit jiwa!).






Simpati yang berubah jadi obsesi

Adalah Eun-cheol (Lee Cheon-hee), petugas polisi yang awalnya sangat bersimpati pada kejadian buruk yang menimpa Eun yong. Tapi karena ia juga seorang pria ‘normal’, lama kelamaan rasa simpati tersebut berubah menjadi rasa suka, dan rasa suka tadi bermetamorfosis menjadi obsesi yang mengakibatkan Eun cheol malah menjadi pengintai buat Eun yong yang kini mengalami trauma dan gangguan jiwa antara menjadi Bulimia dan anoreksi setelah merasa gagal untuk menjadi gemuk (gemuk = buruk rupa, dangkal sekali pikirannya).

Well, jangan mengharapkan sebuah ending yang happly ever after, karena bagaimanapun juga, tidak semua masalah berakhir bahagia. Buat saya sendiri walau cukup depresi perasaannya setelah menonton film ini, tapi film ini jauh dari kata membosankan (membingungkan, mungkin, tapi tidak membosankan). Layak di tonton terutama buat kamu yang yang suka film-film drama kejiwaan. Btw, ratingnya 17 tahun ke atas ya, ^^.

credit: hancinema.net

8 thoughts on “Beautiful (2008)

  1. yah kok cewnya itu, yg main di todaw jd istri muda ayah sangmi.
    yg sok seksi itu kan. trus di ww jd pacar wb, tp dah mo menikah.
    kok bintangnya yg ga terkenal sih?
    dah ada dilapak lom filmnya?

  2. @yanuar, gue ga yakin ada di lapak, bos..soalnya gue juga dapet download di indowebster..tapi filmnya patut di tonton dan kalo menurut gue, cast cewe’nya cocok loh….

  3. kok isa ga da dilapak? kan biasanya banyak.
    dreams aja ada dulu.
    downloadannya ada teksnya ga tatz?
    bagus ya critanya? tahun 2008 kan.

  4. Bisa aja, karena setau gue sih, ga semua film Korea ada bajakannya.
    Downloadnya udah sama teks, hardsub (teksnya nempel), filmnya avi. cari aja di IDWS…yups tahon 2008.

  5. hai..aku udah punya film ini kok..dapet ya d lapak2 dvd!apa bner ada yg kya gtu ya!bukan cwe bangga ya punya pras cantik..tp lumayan seruuu film na!

  6. Ichan, thanks infonya…ternyata ada di lapak, tapi mungkin jarang ya. Bangga tapi kalo udah taraf mengganggu sih, jadinya berasa kaya kutukan juga..lagipula kim ki duk film2nya kan emang estrim ya, sesuai stylenya dia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s