Handphone (2009)


Saya percaya banget kalo kejahatan itu terjadi bukan karena  ada niat (saja), dari pelakunya tapi juga ada kesempatan. Seperti film berjudul ‘Handphone’ yang di rilis Februari silam di Korea.

‘Handphone’ di bintangi oleh Eom Tae-woong (forever the moment, mawang) dan Park Yong-woo (changing partner) dan di film ini kita tidak bisa benar-benar melihat siapa tokoh antagonis ataupun protagonis sebenarnya.

Oh Seung-min (Eom Tae-woong) adalah seorang manajer artis temperamen-shallow minded yang rela melakukan apa saja demi meningkatkan karir artisnya, Yoon Jin-ah (Lee Se-na) yang memiliki image ‘manis’ dan ‘lugu’. Dari mulai berhutang pada lintah darat, main belakang, pada produser dan sutradara serial tivi, bahkan akhir-akhir ini ia sangat jarang memperhatikan istrinya.

Suatu hari lewat handphonenya, seorang model pria mengirimkan rekaman adegan percintaannya dengan Jin-ah, sang artis yang sedang di bina Seung min yang sengaja di lakukan  untuk tujuan, apalagi kalo bukan memeras sang manajer dengan skandal yang telah dibuat oleh artisnya.

Dengan terpaksa, Seung min memberikan sejumlah uang tebusan yang diminta pemeras tersebut yang menukarkannya dengan kaset rekaman video skandal itu di sebuah cafe. Lepas dari pertukaran tadi, Seung min ternyata tidak tinggal diam. Ia dan asisten prianya menyatroni apartemen sang pemeras dan menyiksanya sambil merekam balik aksi mereka. Secara sang pemeras juga seorang model yang perlu memiliki image baik, akhirnya uang hasil pemerasan tersebut berhasil Seung min ambil kembali.

Sialnya, handphone Seung min tertinggal di cafe tersebut. Dan drama bencana itupun di mulai. Awalnya, ketika Jeong Yi-gyu (Park Yong-woo) menemukan sebuah handphone di kedai cafe, ia berniat untuk mengembalikannya kepada sang pemilik, namun sadar kalau ternyata handphone yang ia temukan amat sangat berharga bagi sang pemilik  yaitu Seung min, di tambah caci  maki dari Sung min, membuat dirinya segera mengurungkan niatnya dan berbalik memberikan skema tarik ulur untuk Seung min karena Yi gyu tahu ia di posisi tawar menawar lebih tinggi di banding Seung mi.

the sinner get punish by the stress man

Jeong Yo gyu sebenarnya hanyalah seorang pria biasa pada umumnya. Ia bekerja sebagai staff customer service di sebuah supermarket, bahkan termasuk orang yang giat dalam pekerjaannya itu. Namun tekanan pekerjaan yang tinggi di tambah masalah keuangan keluarganya akibat ibunya yang memerlukan biaya besar untuk pengobatan, membuatnya seperti menemukan  ‘mainan-penghilang- stress’ pada handphone yang ia temukan.

Sadar bahwa Seung min sangat menginginkan kembali handphonenya gara-gara video skandal artisnya masih tersimpan di sana, membuat Yo gyu berhasil memanfaatkan posisinya tersebut, dan maka dengan caranya yang unik, Yo gyu berhasil  membalaskan sakit hatinya pada orang-orang yang membuatnya sangat tertekan di pekerjaannya lewat tangan Seung min.

Namun sepandai-pandainya ia menyembunyikan identitasnya, Seung min berhasil menemukannya. Kedudukan sempat berbalik 180 derajat antara dua orang yang hanya di hubungkan dengan sebuah gadget moderen itu dan membuat Yo gyu justru terlibat pada masalah yang lebih besar. Namun karena hal tersebutlah yang membuat Yo gyu semakin tersulut dendam dan amarah, apakah itu? yang pasti  Seung min harus membayar sangat mahal atas kelalaian kecilnya serta sikap kasarnya itu.

aksi kucing-kucinganpun tak terelakan

Awalnya saya kira teka-teki itu ada pada identitas sang ‘penyandera’ handphone itu, tetapi 15 menit film berjalan, bukan itu ternyata twist yang coba di suguhkan oleh film ini.  Teka-teki itu lebih kepada modus apa sebenarnya yang di miliki sang ‘penyandera’ sehingga rela bermain-main dengan hidup mati seseorang.

Untuk sebuah film triller, handphone ga terlalu benar-benar menampilkan ketegangan ataupun twist yang ngejlimet. Jadi menurut saya yang suka banget film-film berbau triller, film ini ga cukup nendang. Tapi lumayan enak di nikmati karena plotnya berjalan cepat serta potongan-potongan scene yang kadang membingungkan walau diakhir terjawab. Belum lagi kedua pemerannya, apik banget memerankan tokohnya masing-masing, terutama Park Yong-woo yang memiliki karakter multidimensi. 2 setengah bintang dehh ^^

Cast :
Park Yong-woo —Jeong Yi-gyu
Uhm Tae-woong- — Oh Seung-min
Park Sol-mi– – Kim Jeong-yeon, istri Seung-min

Sutradara : Kim Han-min
Genre : Thriller
Running Time : 137 min 35mm Cinemascope (2.35)
Opening Date : Feb 19, 2009

4 thoughts on “Handphone (2009)

  1. @zheeahjha, rame sih, lumayan bikin dagdigdug, tapi kalo di banding triller korea yg lain,yg ini kurang nendang, begitu…hehehe

    @yanuar, anak si menejer artis, makannya aku bilang dia bakal kehilangan segalanya gara2 HP itu…

    @lilieh, iya mbak….cukup menegangkan juga, apalagi pas adegan si menejer artisnya ngejar petugas supermarketnya itu, dan kedudukan malah jadi berbalik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s