Itaewon Murder Case (2009)


Photobucket

Film yang di angkat dari kisah nyata ini yang melibatkan 2 orang pelajar Amerika Arthur Patterson dan Edward Lee yang dijadikan tersangka untuk pembunuhan seorang pelajar korea Jong Pil Jo di toilet di sebuah restoran cepat saji. Film yang berjudul “Itaewon Murder Case” dan dikenal juga dengan “Burger king Murder” pembunuhan yang terjadi pada tanggal 13 april 1997 di Restaurant siap saji Burger King

Polisi kesulitan mencari pelaku pembunuhan yang terjadi di Restaurant karena tidak ada jejak yang ditinggalkan di lokasi kejadian karena ketika sampai di TKP lokasi itu sudah bersih seperti tidak pernah terjadi pembunuhan disana. Sampai kemudian ada saksi yang melihat kalau sebelum kejadian ada 2 orang pelajar yang masuk ke dalam toilet bersamaan dengan terbunuhnya Jong Pil Jo.

Dengan beberapa keterangan dari beberapa orang saksi dan juga melakukan olah TKP akhirnya polisi menemukan titik terang siapa tersangka untuk pembunuhan Jong Pil Jo yaitu Pearson dan Alex yang pada malam kejadian sedang hangout bersama teman2 bulenya di restoran cepat saji itu.

Namun ternyata tidak mudah untuk mengungkap motif dibalik pembunuhan itu karena Pearson dan Alex masing2 memiliki alibi tersendiri. Bahkan kemudian keduanya saling serang dengan alibinya masing2. Pearson yang mengaku tidak bisa berbahasa Korea membuat Jaksa Park sangat kesal karena dia percaya ada hal yang disembunyikan oleh Pearson namun dia belum menemukan bukti2 itu.

Belum lagi ketika kepolisan melakukan reka ulang di TKP sepertinya Pearson sangat hapal dengan semua gerakan yang dilakukan oleh Alex ketika melakukan pembunuhan bahkan dia bisa hapal jumlah tusukan yang dilakukan oleh Alex pada tubuh Jong Pil Joo dan melakukan reka ulang itu dengan tanpa perasaan sama sekali.

Namun ternyata alibi Alex ternyata tidak terlalu kuat karena setelah keluar dari toilet dia sempat mengaku ke temannya kalo dia baru saja membunuh orang dan itu di lakukannya hanya untuk bersenang-senang untuk mengetes kekuatan pisau yang baru saja di belinya !!.

Kemudian hakim memutuskan kalo Alex bersalah dan di hukum penjara seumur hidup dalam kasus pembunuhan Jong Pil Jo karena melihat beberapa bukti yang memberatkan dan Pearson di hukum 15 bulan penjara karena di anggap menyembunyikan barang bukti dan juga membawa senjata tajam di tempat umum.

Ayah Alex yang tidak terima anaknya di hukum seumur hidup melakukan banding di Mahkamah Tinggi dan kemudian setelah dengan pertimbangan kalau bukti2 yang ada juga tidak kuat maka kemudian mahkamah tinggi membebaskan Alex dari hukuman dan juga Pearson yang keluar lebih cepat dari penjara.

Jadi siapa sebenarnya pembunuh Jong Pil Jo, Pearson atau Alex? Dan keduanya mengaku kepada Majelis Hakim kalau salah satu dari mereka adalah pembunuh, karena Cuma mereka berdua yang ada di lokasi kejadian.

Dan sampe sekarang kasus ini belum terpecahkan setelah hampir 12 tahun lebih.

Buat yang suka drama2 sejenis detective Conan atau The X-Files, sayang banget ngelewatin drama yang satu ini karena kita akan diajak untuk menerka siapa kira2 pembunuh yang sebenarnya dari alibi yang mereka ceritakan dan dari sana kita bisa tarik benang merahnya.

Walaupun untuk beberapa hal gw mencatat ada hal yang janggal yang bisa di jadikan indikasi kalo keduanya memang terlibat dalam pembunuhan itu.

Kenapa Pearson bisa di jadikan tersangka pembunuh

1. dia hapal jumlah tusukan yang dilakukan Alex pada tubuh korban
2. Ketika reka ulang di toilet dia menikam manekin ( yang berperan sebagai korban ) itu dengan penuh perasaan dan sungguh2 tanpa ragu2
3. Warna sepatu ketika pertama kali film ini dimulai
4. ketika dia telah keluar dari penjara terlihat seringai kepuasan di wajahnya

Kenapa Alex bisa di jadikan tersangka pembunuhan
1. dia mengatakan kalo postur pembunuh pasti lebih tinggi dari mangsa ( dan ngeliat dari posisi ini postur tubuh Pearson lebih tinggi dari tersangka )
2. Posisi Alex ketika di toilet mencuci tangan. Pearson tidak mungkin bisa menghampiri korban
3. Pernyataan Alex “ We did it “

4.  Pernyataan dia ketemannya kalo dia baru saja melakukan pembunuhan

So menurut kamu siapa pembunuh yang sebenarnya? Kalo kamu pengen ngeliat dan dengerin Jang Geun Seok berdialog dalam Bahasa Inggris  kamu harus ngeliat drama ini karena sepanjang film dia menggunakan dialog dalam bahasa inggris walaupun menurut gw bahasa inggrisnya belum terlalu sempurna banget tapi not bad.

Cast.

Jang Geun Seok as Pearson

Sung Hwan Shin as Alex

Jeong Jin Yeong as Jaksa Park

Song Jong Ki as Jong-pil Jo (korban pembunuhan)

9 thoughts on “Itaewon Murder Case (2009)

  1. dirikuw sudah nuntun ni drama, dah hasilnya gw gak ngeti ma ni pelm, nunutn y cuman gara2 da JGS nya , eh….JGS nya dsini jelek bener!!!jadi mending gan baby and me dah, walopun film nya ringan banget!!!

  2. sya mungkin karena nih film tema serius ya dan perlu sedikit mikir makanya orang rada males tapi kalo gw justru suka malah jadinya ikutan menebak2 siapa pembunuh sebenarnya

  3. Great Movie!! Bikin aku mikir selama ni film tayang…asli keren bgt acting JGS liat aja wkt olah tkp praktekin cara nusuk yg bnr sm diakhir2 senyum misteriusnya…wow..kliatan bgt Pearson psychotic hehe…serem!! Intinya yg nusuk Pearson, yg ngajak si Alex. Sebenarnya dr saksi, tkp, dan alibi jelas dua2nya yg ngebunuh ya…yg pasti ni 2 orang pinter ngelabui jaksa ama pengacaranya, intinya sih ttp duit yg bicara…bokapnya Alex kan orang kaya bs ngelobi sana-sini, sedangkan korban keluarga miskin…so sm aja dimana2 hkm tdk adil!

  4. gw kasihan sama keluarga korban + korban, keadilan kgk mereka dapetin dan sampe sekarang belum ketauan pelakunya, lebih parah lagi si pembunuhnya bisa lepas gitu aja. Menurut gw dua2 nya pelakunya, tapi mereka sama2 bisa nyembunyiin. Jelas banget sumua tuduhan mengarah ke mereka berdua, kenapa mereka kgk ditangkep ya???

  5. pas nonton film ini, ngerasa kasian banget sama kluarga korbannya…apalagi sama Ibunya…hiks!!
    tp emang Jang Geun Seok psikopat abis mukanya…emotionless gt…bahasa inggrisnya juga lumayan…
    trakhirnya kyknya pengacaranya si Alex jadi agak ragu ya si Alex…krn omongannya Alex ke cewenya itu…menyeramkan 2 orang itu…

  6. Waa aq blm nntn nih film,hrs nyari nih,mungkin agak ktgln ya sk ama JGS,abis nntn berulang2 you’re beautiful jd pngn nntn semua kryna JGS.moga di Jogja ada nih dvd na

  7. ni film bagus…bikin penasaran..tapi bener mreka berdua yg ngebunuh cm bwt kesenangan..
    JGS bener2 laen dari biasanya…tapi aku lebih suka dia di Happy Life lebih Kereeeeeeeeeen…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s