Story of A Man (a.k.a The Slingshots)



Waktu ada yang merekomendasi serial ini sebagai serial new wave yang layak tonton, timbul rasa penasaran yang cukup dalam untuk segera menyantap habis 20 episodenya secara dari cover DVD nya terpajang seorang namja macho dengan seorang namja lainnya yang berwajah serius dengan penampilan klimis layaknya seorang eksekutif. Review singkat di belakang covernya dulu sudah pernah saya baca, mengambil tema utama ‘revenge’ atas kematian kakak si tokoh utama yang akan menyeret si tokoh utama pada pengalaman-pengalaman baru yang membuatnya menjadi seorang ‘sosok yang lain’. Tapi ternyata meski sebagian dari kutipan review comotan pak lapak itu ada benarnya, cerita yang ditawarkan sebenarnya lebih kompleks dari itu meski endingnya sangat sederhana.

Kim Shin, setelah kematian kakaknya yang bunuh diri karena usaha fast foodnya bangkrut akibat fitnah sebuah televisi swasta yang menyebarkan isu kalau kandungan serta proses pengolahan fast food itu tidak aman, mencoba membunuh sang reporter yang membuatnya berakhir di belakang terali besi. Ulah Kim Shin ini ternyata sengaja dilakukannya untuk mengamankan dirinya dari jeratan hutang lintah darat yang memburu kakak ipar dan dua orang keponakannya. Seo Kyung Ah (pacar Kim Shin) yang akhirnya mengetahui masalah ini, meskipun telah putus dengan Kim Shin karena kedekatannya dengan sang kakak ipar pun ‘menyediakan’ diri untuk membantu membayar hutang sang kakak ipar dengan terjun ke pekerjaan di club malam termewah bernama Tempro. Sementara Kim Shin yang tidak mengetahui apa yang terjadi di luar sana, menyicipi pahit-getirnya kehidupan dalam penjara pada awal-awal masa tahanannya. Mulai dari dipukuli satu sel, diludahi makanannya, dipatahkan hidungnya sampai terakhir ditusuk dengan sikat gigi yang membuatnya bolak-balik masuk ruang perawatan dalam penjara. Namun Kim Shin ‘the crazy dog’ (julukannya waktu menjalani wajib militer) akhirnya berhasil menjadikan lawan-lawannya menjadi teman yang kelak malah membantunya
ketika telah dibebaskan.

Tiga tahun berlalu, Kim Shin dengan segala rencana untuk menjatuhkan Chae Do Woo dan Perusahan Chae Doo Construction dibantu oleh beberapa orang yang kebetulan punya dendam yang sama terhadap keluarga Chae Do Woo. Namun uang memang selalu menjadi titik kelemahan Kim Shin dan teman-temannya meskipun rencana mereka sudah sangat matang dan tersusun rapi. Sementara di lain pihak, Kyung Ah tanpa sadar malah berseberangan dengan Kim Shin karena memback up Chae Do Woo yang memegang 25% saham Tempro. Kyung Ah juga terjerat pada permainan Chae Do Woo yang sebenarnya memiliki kelainan jiwa dan nyaris dirawat di RSJ jika saja Do Woo tidak mengutus anak buahnya untuk mengancam dokter ahli jiwa
langganannya dan membunuh Do Man Hee yang membawa surat keterangan penyakit jiwanya Do Woo. Do Woo yang tidak pernah kalah, selalu mendapatkan apapun yang diinginkannya, dengan ambisinya untuk membangun Little Monaco di Korea pun akhirnya menikahi Kyung Ah untuk melengkapi rencana gilanya dan menjadikan Kyung Ah sebagai ratu di Little Monaco nya itu.

Kim Shin dan Do Jae Myung (anak tunggal Do Man Hee yang dibunuh Chae Do Woo) berulang kali terlibat persiteruan dengan pihak Perusahaan Chae Doo Construction. Kim Shin hampir tidak menemukan celah untuk menjatuhkan Chae Do Woo dengan cara apapun sampai akhirnya God’s Will juga yang berbicara. Chae Eun Soo, adik kandung Chae Do Woo lah yang akhirnya membantu Kim Shin dan teman-temannya untuk menggerogoti kekuatan Chae Do Woo sampai akhirnya Do Woo kehilangan kontrol dan membuatnya terperosok pada lubang hitam gelap yang mengantarkannya ke RSJ. Misi balas dendam Kim Shin – Do Jae Myung pun menuai hasil, mission accomplished meski nyawa Chae Eun Soo yang jadi taruhannya.

Pengalaman pahit di penjara

Si jenius yang sakit jiwa

Kyung Ah yang terjerat Chae Woo

Untuk 20 episode, story line yang ditawarkan sebenarnya bisa dihemat menjadi 16 atau bahkan 12 episode saja. Tapi bukan drama korea namanya kalau tidak di dragging meskipun ratingnya sendiri paling tinggi hanya 9,7 di Korea sana. Perihal pengalaman Kim Shin mulai dari penjara sampai akhirnya bersatu padu dengan Jae Myung untuk balas dendam dengan ‘berbagai cara’ ini yang membuat serial ini berputar-putar di arena yang sama sementara progress dari jalan cerita itu sendiri sedikit sekali. Mengenai hubungan Kim Shin dan Kyung Ah atau Kim Shin dengan Chae Do Woo atau Chae Do Woo dengan Kyung Ah sendiri cuma hubungan Chae Doo Woo dan Kyung Ah yang tampak natural. Kyung Ah yang memang bercita-cita jadi nyonya besar klop bertemu dengan Do Woo yang memperalatnya untuk lebih menyakiti Kim Shin meski akhirnya Kyung Ah benar-benar menjadi alat yang membantunya secara total. Kim Shin dan Chae Do Woo yang dari awal episode sudah menyatakan ‘perang’ sangat sering bertemu baik sengaja maupun tidak sengaja dengan Kim Shin yang bisa dengan sangat mudah bolak balik keluar masuk kantor pusat perusahaan Chae Dong Construction bahkan masuk ke ruang meeting para direktur tanpa hambatan sedikitpun. Bloopers yang sudah biasa memang tapi karena terlalu sering membuat saya merasa aneh sendiri dengan jalan pikiran scriptwriter serial drama sekarang yang dulu-dulunya cukup memperhatikan detail-detail seperti ini.

Tokoh Kim Shin terlalu eksplosif. Meskipun diselipkan pada awal-awal episode kalau di camp pelatihan militer dulu dia dijuluki ‘The Crazy Dog’ karena tidak takut apapun, tapi the way Kim Shin mengambil tindakan di setiap masalah dan setiap hal yang ada dalam serial ini terlalu plong, tanpa pikir panjang langsung telepon atau mendatangi atau memukuli musuhnya. Rancunya otak dari penipuan terhadap perusahaan Chae Dong Construction adalah Kim Shin juga. Park Yong Ha (mungkin) cukup mahir memerankan tokoh ini dan saya tak menyangkal kalau doi memang cocok untuk memainkan seorang Min Shik. Sayang kharismanya anjlok di mata saya ketika Phillip Lee mulau keluar dan berperan sebagai Do Jae Myung. Bukan karena perawakan dan ketampanan namja satu ini yang memang dari pertama melihatnya di ‘The Legend’ telah membuat saya jatuh hati, tapi cara dan gayanya memerankan Jae Myung yang agak playboy dengan aksen American English yang sangat kental memang sangat-sangat sesuai untuk seorang Phillip Lee.

Meski beberapa tebakan saya dalam rangkaian jalan cerita The Slingshots banyak yang tidak tepat, kompleksitas masalah yang berputar-putar mengenai balas dendam untuk menjatuhkan Chae Dong Construction yang sebenarnya bikin rasa penasaran itu hilang pelan-pelan. Apalagi ada dua anti klimaks dengan satu klimaks cerita yang benar-benar tidak ng-greget bagi saya, menjadikan ending Story of A Man ini sangat sederhana. Datar, cukup menghibur, agak ngeyel, dan Phillip Lee keren adalah empat clue yang cukup untuk mewakilkan 3 bintang yang saya bubuhkan untuk serial ini.

Sutradara: Yoon Seung Shik
Pemain: Park Yong Ha (Kim Shin), Park Si Yeon (Seo Kyung Ah), Kim Kang Woo (Chae Do Woo), Han Yeo Woon (Chae Eun Soo), Phillip Lee (Do Jae Myung), Park Ki Woong (Ahn Kyung Tae), Lee Moon Shik (Park Moon Ho).
Jumlah episode: 20
Release: April 2009

Photo credit: hancinema.net

7 thoughts on “Story of A Man (a.k.a The Slingshots)

  1. eh..mbak..baru berapa hari nggak buka sinkor..udah nongol resens serial dan film yg baru2..top deh..melotot wae..gmn tuh bagi waktunya…

  2. keren bangeeeeeeeeettttttttt filmnya . . .

    tapi kurang puas sama ending si tokoh utama , cerita cintanya beda ma film2 lain ..
    kirain bakalan jadian ma ade si jenius yang sakit jiwa tapi ternyata adenya malah mati . . .

    tapi dipuasin sama aktingnya si jenius sakit jiwa , .
    bener2 oke banget aktingnya …

  3. park yong ha disini lebih keren daripada film-nya sama eugene…disini lebi dewasa aj..hihi…aniwei yang dfilm scam juga ok banget…

    aniwei kenalin ni, siska..sy sebenernya uda lama liat sinema korea..tp baru kali ini kasi comment..(sekalian belajar gituh..haha)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s