Ae Ja (2009)



Sejak masuk menjadi salah satu nominator untuk 46th Daejong Award 2009 lalu (salah satu festival film tertua dan bergengsi di Korea)  untuk kategori sutradara terbaik, artis terbaik, naskah terbaik  dan bahkan menang untuk kategori artis pendukung tebaik, film Aeja adalah satu satu film Korea yang saya tunggu edarnya di lapak-lapak langganan (selain film treeless mountain, rough cut dan sky and sea). Makanya seneng banget ketika tau dvdnya sudah banyak edar di lapak-lapak.

Film Aeja atau judul lainnya ‘Goodbye Mom’ adalah salah satu film penyebab-mata-bengkak-akibat-menangis, karena bakal banyak scene-scene menyentuh yang terjalin antara seorang anak dan ibu. Film ini secara garis besar adalah surat cinta seorang anak terhadap ibunda………..lewat cara yang unik..^^

Park Aeja, rebellion dari Busan. Jadi salah satu murid paling berbakat dan pandai sekaligus paling bengal di sekolahnya. Cita-citanya cuma satu, kepingin jadi novelist terkenal macam Tolstoy. Punya mental biang kerok yang ga’ pernah takut menghadapi apapun…..kecuali mamanya.

Mama Aeja yang seorang dokter hewan juga dikenal memiliki sifat keras (like mother like daughter lah), sehingga selalu timbul pertengkaran antara Aeja dengan mamanya.

Bertahun-tahun kemudian, Aeja dewasa tinggal di Seoul untuk meneruskan mimpi dan cita-citanya yang masih juga belum tercapai. Tapi soal keuangan, mamanya  masih turut campur karena Aeja belum memiliki penghasilan tetap. Belum lagi turut campur mamanya untuk urusan ‘membereskan’ masalah-masalah yang ditimbulkan Aeja si biang kerok.

Ketika kakak laki-lakinya ingin melangsungkan pernikahan dengan sokongan biaya dari mamanya, Aeja protes berat dan melakukan balas dendam dengan cara mengacaukan acara pernikahaan kakaknya tersebut. Titik balik kehidupan Aeja dimulai beberapa hari kemudian mamanya mendadak anfal dan harus di larikan ke rumah sakit.

Aeja sang biang kerok harus merubah hidupnya dan menjaga mamanya yang terkena kanker. Walau perubahan sifat Aeja yang selalu bertengkar dengan mamanya itu perlu proses, namun perlahan tapi pasti Aeja belajar lebih memahami arti seorang ibu bagi dirinya.

Sebenarnya tidak banyak kejutan-kejutan yang kita bakal dapatkan dari film yang kental dengan dialek Busan ini, apalagi judulnya lainnya ‘ Goodbye Mom’ yang udah merepresentasikan ending yang bakal terjadi. Tapi di film ini, justru penonton bakal diajak menyaksikan proses seorang anak dalam memahami ibunya yang sekaligus musuh terbesarnya. Di awal-awal kita bakal di sajikan oleh scene-scene kelucuan dan kebengalan Aeja serta pertengkarannya dengan mamanya yang sering on dan off itu. Apa lagi scene dimana mama Aeja yang balik memperdaya orang tua yang anaknya berkelahi dengan Aeja seakan ia terbiasa melakukan hal itu untuk Aeja.

Scene yang paling menyentuh selain scene-scene terakhir tentunya (yaitu puncak dari kisah haru biru ketika scene berkendara menuju kuil dan melewati sakura yang berguguran), yaitu scene ketika Aeja chatting dengan mamanya di Busan yang gaptek…so sweet dan bikin terharu😥

Choi kang hee (my sweet Seoul) menurut saya beneran berhasil memerankan tokoh Aeja dengan baik. Apalagi di dukung wajahnya yang baby face sehingga tokoh Aeja SMU pun ia yang melakoninya  dengan lucu dan pas.

Belum lagi chemistry yang terjalin antara tokoh sang mama, Kim yeong ae yang di jamin bakal bikin kangenn sama mama kita sendiri. Untuk jenis-jenis film drama yang memperkaya bathin dan nurani, film ini cocok di tonton, jangan lupa siapin tissue yang banyak ya.

Sutradara: Jeong kie hun
Cast: Choi kang hee (Ae Ja), Kim yeong ae (Young hee), Bae su bin (Cheol min), Jang yeong nam (editor), Choi il hwa (Dong pal).

13 thoughts on “Ae Ja (2009)

  1. asyik ada review film baru….bsk cari ah!!klo film2 beginian gw suka nih, bisa nuntun bareng yokap gw juga, coz nyokap gw ydah gw tularin virus k-drama gw….hahahhahahha

    thx review nya, sering2 bikin review yak…

  2. Udah liat filmnya, lumayan bagus juga. walaupun agak boring. Apalagi pas tokoh utamnya masih SMA, so keliatan tua banget untuk ukuran anak SMA…Tapi endingnya lumayan bikin mata berkaca-kaca.

  3. baru nonton neh film td malam..
    great movie..

    gw jg suka scene yg aeja n ibunya chatting
    walopun isi chattingannya ga jelas krn ibunya ga bisa ngetik tp tetep menyentuh buat gw

  4. wahhhhhhhhh mekasih2 bgt atas informasinya ^_^
    2 hari lalu iseng2 bel;i dvd korea yg movie asal cap cip cup n aeja salah satu yg ke ambil tapiii ga’ tau cerita tentang apa ehhhhh ada di sini nih informasi tentang aeja so thank you so much ^_^

  5. wah, bener-bener, keren banget ini film. ceritanya sungguh mengharukan dan membuatku bercucuran air mata tapi sama sekali nggak cengeng. really recommended!🙂

  6. gila bener ni film………
    sedih banget, mata gw jadi bengkak karena sangking sedihnya…………………….congratulation untuk Aeja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s