Goong S


Penantian yang panjang dan melelahkan.



Goong S alias Prince Hours alias Prince Whoo memang merupakan sekuel drama serial yang paling fenomenal di negara-negara Asia sepanjang tahun 2006 kemarin. Dari anak-anak sekolah, kuliah, pegawai negeri maupun swasta sampai ibu-ibu arisan pasti pernah mengikuti kisah putra mahkota Lee Shin dan Chae Gyeong di Princess Hours atau yang dikenal juga dengan sebutan Goong tersebut. Sebuah rumah produksi sinetron di Indonesia pun membuat plagiat yang persis sama agar ikut kecipratan fenomena ide kisah keluarga kerajaan ini, dan memang mereka berhasil menuai sukses dengan rating yang tinggi.

Goong S adalah fenomena yang lain. Mungkin lebih tepat kalau disebut cermin diri bagi rumah produksi sinema manapun. Bahwa berusaha membuat sekuel suatu cerita (film atau drama serial) yang populer dan sangat digemari akan menuai kekecewaan belaka. Terlebih ide cerita yang coba disuguhkan tidak semenarik atau sekuat pendahulunya ataupun faktor-faktor X lain yang ikut berperan kurang diperhitungkan. Jadilah ia seperti cempedak yang tampak ranum dari kulit luarnya namun mentah di dalam isinya. Fenomena Meteor Garden telah mengajarkan hal ini 3 tahun yang lalu. Sukses besar yang dituai Meteor 1 memang ibarat meteor yang meledak hebat dimana saja dia jatuh. Namun kesuksesan Meteor 1 tidak dapat diimbangi (apatah pula ditandingi) oleh Meteor 2. Meteor 2 yang dikemas dalam 32 episode semakin memperburuk kekecewaan pemirsa.


The queen



Perebutan tahta



Cinlok

Untungnya Goong S tidak dikemas dalam 32 episode🙂 Untuk 20 episode sajapun drama serial ini sudah sangat melelahkan mata dan bathin saya. Jauh dari kepuasan, seperti meniti jalan panjang tak berujung, menit demi menit menguliti serial ini sungguh menyiksa. Dari sisi ide cerita yang ditawarkan Goong S berkesan biasa saja. Meski tidak saya pungkiri ketika pertama membaca reviewnya di berbagai forum diskusi jauh hari sebelum Goong S dilempar ke pasar, sempat muncul rasa penasaran di hati saya tentang serial ini. Seorang pangeran terlantar yang kelak akan belajar kehidupan istana serta terlibat kisah cinta yang rumit. Kebayang waktu itu hambatan-hambatan yang akan dihadapi sang pangeran akan sesusah dan seberat Chae Gyeong di Goong, tentunya akan menjadi tontonan yang menarik. Masih ingatkan bagaimana susahnya sang Princess belajar? Atau ketika dia menyesuaikan lidahnya dengan bahasa-bahasa istana yang baku dan kaku? Atau ketika dia mencoba merangkai puisi di jamuan teh keluarga istana? Kejadian-kejadian seperti itu cukup langka di Goong S. Kang Hoo, tokoh pangeran yang diperankan Se7en tampaknya lebih cerdas dibanding Chae Gyeong🙂 Jarang ketiduran waktu belajar, tidak pernah bikin contekan kalau ujian, dan dengan mudah mengingat puisi-puisi kuno. Padahal ketika kita temui Kang Hoo di episode 1 hanyalah seorang pengantar makanan siap saji, tanpa digambarkan latar pendidikannya sebagaimana Chae Gyeong yang notabene anak sekolahan. Tak banyak tantangan yang ditemui karakter-karakter yang ada di Goong S. Dan meskipun ada beberapa, termasuk 3 macam ujian yang ditempuhi kedua pangeran, sepertinya kurang dieksplorasi.

Dari sisi pemilihan pemain dan penokohannya juga saya menuai kecewa. Bukan karena pemain-pemain utama Goong tidak muncul lagi di sini tapi setelah mempelajari di 20 episode saya dapat melihat jelas dan memberi nilai pada masing-masingnya sebagai berikut:



Se7en sebagai Pangeran Lee Whoo, nilai : C –
Pada episode2 pertama dimana para tokoh mulai dikenalkan, Kang Whoo (kemudian dipanggil Lee Whoo) digambarkan sebagai anak muda si pengantar makanan yg energik, narsis, setia kawan, badung dan kurang perhitungan dalam bertindak. Kesan awal mengenai Kang Whoo adalah si anak jalanan, tapi bukan preman. Untuk pencitraan tokoh ini Se7en tidak berhasil membawakannya. Apalagi di episode-episode berikutnya. Untuk seorang anak jalanan Kang Whoo terlalu lembut, kemayu dan jauh dari kesan gahar. Alih-alih akan melihat sosok lelaki macho di sini yang saya dapati malah seperti sosok model catwalk yg gemulai. Mungkin karena ini adalah pengalaman pertama Se7en dlm drama sehingga jadilah ‘jauh panggang dari api’ alias tak memuaskan harapan berbagai pihak.

Heo Yi Jae sebagai Yang Soon Ae (Yang-naim), nilai : D
Maafkan saya terlalu kejam padamu🙂 Tapi setelah 20 episode memperhatikan sosok ini rasanya tak ada keraguan lagi untuk memberi rapor merah padanya. Heo Yi Jae terkesan tidak natural dalam berperan dan sadar kamera hampir di tiap scene nya, selayaknya artis-artis amatir yg dalam keadaan apapun akan selalu menampilkan wajah manis dengan bibir disimpul sedikit, Heo Yi Jae pun demikian. Caranya berjalan, berbicara, menatap, makan, bahkan tidur pun ‘manis’ sekali. Dan hal yang paling mengecewakan saya adalah setiap scene Heo Yi Jae dgn Se7en yang hadir tanpa ‘chemistry’. Mereka berdua seperti dua orang anak SMA yang sedang latihan drama di teater sekolah. Selalu mengundang decak lidah saya yang ujung-ujungnya akan membuat saya semakin tersiksa menonton drama serial ini. Padahal toh adegan-adegan percintaan dalam setiap sajian drama adalah bumbu manis yang akan bikin penonton semakin betah menyaksikan drama tersebut.

Sukurlah ada tokoh-tokoh seperti sang Ratu (Myung se Bin), Shin Sae Ryung (Park shin Ye), dan pangeran Moon Seong Yoong (Kang Doo) yg agak menghibur hati, menggelitik emosi, bahkan sampai membuat saya menitikkan air mata yaitu adegan-adegan yang melibatkan Sang Ratu dan dayang Shi ketika si dayang terkena imbas waktu ketauan menyampaikan surat ke Profesor Alex. Well, mungkin jam terbang dan pengalaman seni peran mereka memang jauh di atas Se7en atau Heo Yi Jae? Bisa jadi.

Kang Doo sebagai Pangeran Moon Seong Yoong (Le Joon), nilai: B +
Pada waktu pertama kali melihat fotonya di review salah satu forum, aseli saya ilfil (hilang feeling). Namun ketika melihat langsung aksi dan karakter yang diperankannya di Goong S, saya malah berbalik jatuh hati pada actingnya. Not bad. Dengan wajah yang memang terkesan angkuh, Kang Doo nyaris sempurna membawakan perannya. Tidak ada wajah yang selalu tampil manis, tidak ada mata redup yg memancing simpati, Kang Doo just did it sesuai proporsinya. Jadilah saya sempat sebal, benci, muak melihat tokoh yang diperankannya (sebagaimana juga tokoh sang ayah yg diperankan Cheon ho Jin dgn cemerlang). I wonder to see him in another drama since then🙂

Park shin Hye sebagai Shin Sae Ryung, nilai: A
Tidak ada keraguan sedikitpun akan gadis ayu ini. Di setiap film atau drama serial yang diperankannya, dia selalu tampil prima dan tidak stereotype. Sukurlah dia diikutsertakan dalam serial ini.

Myung se Bin sebagai sang Ratu, nilai: A +
Tak ada keraguan akan aktingnya. Saya masih ingat jelas karakter yg diperankannya di drama serial Wedding bersama Jang Nara dan Ryu shi Won. Kebencian saya terhadap karakter yang diperankannya sampai sekarang masih belum pupus.

So then, untuk serial yang satu ini saya hanya bisa beri 2.5 stars. Dan mudah-mudahan kejadian yang sama tidak terulang lagi di serial lain. Baxia.

Sutradara: Hwang In Roe
Pemain: Se7en (Lee Hoo/Kang Hoo), Heo Yi Jae (Yang Soon Ae), Park Shin Hye (Shin Sae Ryung), Kang Doo (Lee Joon)
Release: 10 Januari 2007
Photo credit: hancinema.net

22 thoughts on “Goong S

  1. boring….boring…boring
    itu komentar yang cocok buat serial ini, nontonnya sampai disepatin karena bosan banget dan melelahkan nontonnya dan happy endingnya kurang klimaks tidak greget seperti film PH, emang lebih baik tidak usah dibuat sekuel nya kalau jadinya seperti itu kesannya maksain banget.

    Mau lucu…ketawanya tanggung, mau sedih …airmatanya ngak bisa keluar, mau romans….tapi tidak menyentuh, mau apalagi yah ….ampe habis juga ngak ada apa-apa sehingga mudah2 dilupakan film ini.

  2. hahaha.. gue juga namatinnya lebih dari sebulan (ocape deeh :P) makanya heran.. kenapa indosiar mau nayangin serial ini? secara mereka juga udah pernah nayangin princess hours, pasti pemirsanya jadi kecewa deh karena ga bakal mendapatkan hiburan yg sebanding dan memuaskan

  3. waH….

    bEda pendapat ni..
    muGkin, filmnya emang ga peRfecT n ga sebagUs princess hoUr…
    tapi, lumayan baGus koq..
    gue suka pas nonton ni film apalagi pas adegan2 Romantis Lee Hoo n Soon Ae..
    saling berkorban satu sama lain, bener- bener bikin terharu…

    jaDi ga bUruk banget koQ..

    =)

  4. serial yang bnr2 membosankan!inmi adl serial pertama yg dah kuputusin gak kutonton smpe selesai, ga nyesel.Aq plg ga suka dayang Yang sbg pemrn utm cew ga ada kelebihan sm sekali.drama ini kyk mau comot sana sini tp ga dpet blas! jang geum iya, princess hours iya. ga karuan. satu2nya tmn yg mau ntn smpe tamat cm krn dia suka pemran cownya. pliz bgt!!

  5. ya mo bagaimana lagi. tapi genius juga kupikir. goong bisa jadi serial dengan berbagai versi kayak gundam (anime). ku anggap saja lain dunia. memang sebenarnya agak bagaimana gitu. mungkin karena crewnya patah semangat waktu dengar ratingnya turun. tapi lumayan kok ndak jelek2 amat

  6. PH 2 mank benerab ga ada ya???
    ih BT bgt…

    ya ampun.. kenapa seyh film sekomersil PH ga dibuat sekuelnya??yg keluar malah goong s.. nyebelin tau… ceritna garing danmaksabgt… pokoknya ga penting!!!

    ayo dunk…
    produksi PH lagi…

  7. Pas saya dengar bakalan ada lanjutan dr Princess Hours (Goong) seneng n penasaran bgt. Tp pas liat para pemainx di cover udah ganti, jd agak malas. Tp krn penasaran jg, sempetin bwt nonton pas episode 1 Prince Hours (Goong S), eh malah yang ada saya malah + bosan…..
    Ya jd sampai skrg saya gak tau ceritanya ntu kayak gimana…..

    Cb emang ada PH 2 (Goong) yang asli n betul2 pemainx yang dulu lg,,,, pasti bakal seru……….

  8. waaah pdhal baru kmrn beli DVD nya, koq dr cOmment2 di atas bkin illFeel nonton (baru beli tp blm diliat)
    Abiz Q ngefans ma park shin Hye jd beli deh (kl dy seh uda g diragukn lg aktingnya)

  9. mm..emang c pelem ini terkesan boring n melelahkan sekali..tapi saya cukup puas melihat akting kang doo yang emang bener2 profesional bgt ngebawain karakter lee joon,,,nampaknya beliau dalam khidupan sehari2nya juga seperti pangeran lee joon,,mudah2an ada sekuel drama romance comedy lg yg ngelibatin kang doo jd pemeran utama g skedar jd cameo or pmanis aja,,,amin100x,,,ayoooo kang doo Ganbatte Kudasai aku slalu mndukungmu…^_^

  10. Maaf ya bkn’a saya gk setuju, tp anda sebagai menulis blog JANGAN LEBAY udh gtu sok tau ngasih nilai ky actor senior aja

    Oh ya yg mengenai ad yg blng goong 2 ad, tu wiki’a aja udh d delete dri kpn tau..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s